PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN BUKU NONFIKSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021

Fajriniski, Fajriniski (2022) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN BUKU NONFIKSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021. S2 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.docx

Download (203kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PENGUJI.doc

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Cooperative Script dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Buku Nonfiksi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian tindakan kelas ini, data kualitatif berupa hasil catatan dan refleksi guru, observasi dengan audio visual, catatan siswa dan tes. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian siklus I dengan rata- rata kelas 6,5. Siswa senang dalam pembelajaran namun hanya sebagian yang terlihat aktif dalam pembelajaran berlangsung. Sedangkan pada siklus II yang dikerjakan dengan diskusi kelompok siswa terlihat aktif dan sangat antusias dalam kerjasama, berinteraksi dan mengkomunikasikan informasi selama kegiatan pembelajaran, dapat dikatakan dengan siswa menyenangi pembelajaran menulis ringkasan buku nonfiksi dapat membuat siswa paham terhadap materi sehingga siswa aktif. Dengan capaian nilai siswa dengan rata-rata kelas 82. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran dengan metode cooperatif script yang digunakan dalam kegiatan belajar menulis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi ternyata lebih efektif dalam meningkatkan dan menumbuhkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAJRINISKI
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:56
Last Modified: 11 Jan 2022 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30058

Actions (login required)

View Item View Item