POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DI SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI

BARASA, KURNIAWAN (2022) POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DI SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Orangtua memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang anak. Hal ini disebabkan orangtua merupakan lingkungan awal bagi seorang anak dalam belajar sesuatu hal. Pola komunikasi orangtua terhadap anak akan mempengaruhui aspek perkembangan fisik dan psikologis anak. Sehingga hal ini juga mempengaruhi tingkat kepercayaan diri anak serta bagaimana anak berkomunikasi terhadap lingkungannya. Pola komunikasi orangtua dibagi menjadi tiga model diantarannya Model Stimulus-Respon (SR) yaitu model komunikasi sebagai suatu proses (aksi-reaksi) baik ucapan, ataupun isyarat yang merangsang seseorang dalam memberikan respon. Model ABX yaitu pola komunikasi dalam seluruh individu bisa menjaga seimbangnya interaksi antara satu dengan yang lainnya dan Model Interaksional yaitu komunikasi antara sipemberi dan si penerima pesan sama-sama aktif serta kreatif dalam menyampaikan pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ; 1) kualitas pola komunikasi Stimulus-Respon (SR) yang diterapkan orangtua di SMP N 4 Kota Jambi; 2) kualitas pola komunikasi ABX yang diterapkan orangtua di SMP N 4 Kota Jambi; 3) kualitas pola komunikasi Interaksional yang diterapkan orangtua di SMP N 4 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan diskriptif dimana sumber data penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP N 4 Kota Jambi dengan jumlah 80 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 27 item pernyataan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian yang diperoleh penulis antara lain; (1) kualitas pola komunikasi Stimulus-Respon (SR) yang diterapkan orangtua di SMP N 4 Kota Jambi berkategori baik terhadap hasil penelitian sebesar 70,45%, (2) Kualitas pola komunikasi ABX yang diterapkan orangtua di SMP N 4 Kota Jambi berkategori sedang terhadap hasil penelitian sebesar sebesar 44,06%, (3) kualiats Pola Komunikasi Interaksional yang diterapkan Orangtua di SMP N 4 Kota Jambi berkategori baik terhadap hasil penelitian sebesar 76,77%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: BARASA
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:53
Last Modified: 11 Jan 2022 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item