Angraini, Mita Elvana (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN TAHAPAN BERPIKIR VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
FULL TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (436kB) |
Abstract
Hasil observasi di SMA Negeri 12 Kota Jambi diketahui bahwa siswa masih menganggap matematika itu sulit dan menakutkan sehingga siswa sering merasa kesulitan saat mengerjakan persoalan matematika. Kesulitan siswa dalam mempelajari matematika juga ditandai dengan rendahnya hasil ulangan harian matematika siswa kelas XII SMA Negeri 12 Kota Jambi. Oleh karenanya perlu dilakukan suatu analisis tentang kesulitan belajar siswa dalam mempelajari matematika khusunya geometri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan apa saja yang dialami siswa field dependent dan field independent berdasarkan tingkat berpikir Van Hiele dalam menyelesaikan soal geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada 15 siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 12 Kota Jambi. Penelitian ini berfokus pada 5 siswa yang menjadi subjek penelitian. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dimana pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan dan tujuan dari penelitian. Data dikumpulkan dengan metode tes GEFT untuk gaya kognitif, tes geometri, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, pengecekan keabsahan data melalui triangulasi, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat berpikir geometri siswa kelas XII MIPA 1 menurut Van Hiele yaitu dari 15 siswa didapatkan 11 siswa berada pada tingkat visualisasi yang terdiri dari 4 siswa dengan gaya kognitif FI dan 7 siswa dengan gaya kognitif FD 3 siswa berada pada tingkat analisis yang terdiri dari 1 siswa dengan gaya kognitif FI dan 2 siswa dengan gaya kognitif FD dan 1 siswa berada pada tingkat deduksi informal yang merupakan siswa dengan gaya kognitif FI. Siswa FI pada tingkat visualisasi mengalami kesulitan yang berkaitan dengan konsep, siswa FI pada tingkat analisis mengalami kesulitan yang berkaitan dengan prinsip, siswa FI pada tingkat deduksi informal mengalami kesulitan yang berkaitan dengan masalah verbal, siswa FD pada tingkat visualisasi mengalami yang berkaitan dengan konsep, dan siswa FD pada tingkat analisis mengalami kesulitan yang berkaitan dengan prinsip. Maka, jenis kesulitan yang paling banyak dialami siswa adalah kesulitan yang berkaitan konsep dan prinsip. Hal ini dikarenakan pemahaman konsep bangun ruang dimensi tiga yang kurang serta kurangnya keterampilan menggunakan ide-ide geometri dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan bangun ruang dimensi tiga. Sehingga subjek penelitian kesulitan dalam menganalisis masalah bangun ruang dimensi tiga yang diberikan dan menyebabkan siswa gagal mencapai tingkat yang lebih tinggi pada tahapan berpikir Van Hiele.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, Geometri, Tahapan Berpikir Van Hiele, Gaya Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANGRAINI |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:30 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |