IDENTIFIKASI TINGKAT STRES SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 21 KOTA JAMBI

MARYAM, HADIJATUL (2022) IDENTIFIKASI TINGKAT STRES SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 21 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Judul: Identifikasi Tingkat Stres Siswa dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 21 Kota Jambi Penulis : Hadijatul Maryam Nim : RRA1E116023 Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Hera Wahyuni, S.Pd., M.Pd Pandemi covid-19 terjadi hampir di seluruh dunia menyebabkan kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihindari, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Sejak bulan Maret 2020, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh/daring. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19. Proses pembelajaran daring menimbulkan beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa seperti signal internet yang jelek, tugas yang banyak, kurang fokus dalam mengikuti proses pembelajaran, kurang mampu memahami materi pelajaran, serta kesulitan tidur sehingga hal tersebut dapat menyebabkan stress akademik pada siswa. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengungkapkan tingkat stres yang dialami siswa dalam proses pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan sampel penelitian sebanyak 76 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampilng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket model skala likert dengan empat pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil analisis membuktikan bahwa secara umum tingkat stres siswa dalam proses pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang, dengan persentase yang diperoleh sebesar 59,85%. Sedangan hasil analisis pada masing-masing aspek sebagai berikut: aspek fisik berada pada kategori sedang (53,08%), aspek emosional pada kategori tinggi (60,45%), aspek pikiran kategori sedang (59,87%) dan aspek perilaku berada pada kategori yang tinggi (63,93%). Temuan ini memberikan implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di sekolah untuk menjadi lebih aktif dan sensitif terhadap masalah yang terjadi pada siswa selama masa pembelajaran secara daring. Selain itu, hendaknya guru BK lebih meningkatkan kerja sama baik dengan dengan guru wali kelas, guru mata pelajaran, personil sekolah dan orangtua atau wali siswa. Melalui usaha tersebut, diharapkan guru BK mampu untuk tetap optimal memberikan layanan kepada seluruh siswa dan terutama siswa yang membutuhkan meski proses pembelajaran dilakukan secara daring. Kata Kunci: Stres Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Hera Wahyuni, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Stres Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MARYAM
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:34
Last Modified: 13 Jan 2022 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item