Siahaan, Thessa Yolanda (2022) KECEMASAN AKADEMIK DALAM PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI THESSA YOLANDA. S (A1E117047).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER WARNA.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Kecemasan Akademik dalam Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Bimbingan Konseling Angkatan 2016 Universitas Jambi Penulis : THESSA YOLANDA. S NIM : A1E117047 Dosen Pembimbing : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Freddi Sarman, S.Pd., M.Pd Kecemasan akademik dalam penyelesaian tugas akhir timbul karena ketidakmampuan dan ketidaksiapan diri mahasiswa dalam pencapaian pendidikan sehingga menimbulkan kecemasan seperti takut, tidak tenang, cemas, sulit berbicara, perhatian yang menurun yaitu kurang fokus, menghindar melakukan bimbingan dalam penyelesaian tugas akhir. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kecemasan akademik dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2016 Universitas Jambi. Berdasarkan fenomena yang terjadi dikalangan mahasiswa mengenai kecemasan akademik maka batasan masalah pada penelitian ini yaitu mengenai pola yang menimbulkan aktivitas mental, perhatian yang menunjukkan arah yang salah, distress secara fisik dan perilaku yang kurang tepat dan penelitian ini dilakukan di Kampus Universitas Jambi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kecemasan akademik adalah terganggunya pola pikir, perilaku dan respon yang terjadi karena adanya tuntutan akademik yang menjadi beban bagi seseorang individu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus, terdiri dari 3 mahasiswa sebagai partisipan yang teridentifikasi mengalami kecemasan akademik, 3 informan teman dekat dan 3 informan selaku dosen pembimbing partisipan yang dalam pengambilan informan ini menggunakan teknik snowball sampling. Selanjutnya penelitian ini menggunakan teknik dan alat pengumpulan data observasi, wancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai Kecemasan Akademik dalam Penyelesaian Tugas Akhir secara umum yaitu partisipan A1 ditandai dengan tidak tenang, takut, gelisah, khawatir, sulit berbicara, kurang percaya diri, kurang fokus, jantung berdebar lebih cepat, tangan berkeringat, menghindar bertemu dan melakukan bimbingan dengan dosen. Partisipan A2 ditandai dengan tidak tenang, khawatir, panik, kurang percaya diri, kurang fokus, jantung berdebar lebih cepat, sering buang air kecil, menghinndar bertemu dan melakukan bimbingan dengan dosen dan sulit mengemukakan pendapat. Partisipan A3 ditandai dengan takut, khawatir, sulit merespon dosen, memiliki keyakinan yang salah, gugu dan pikiran buyar saat proses penyelesaian tugas akhir. Oleh karena itu diperlukan pengembangan pada bidang pribadi dan belajar bagi mahasiswa sehingga mampu mengatasi permasalahan kecemasan akademik dalam penyelesaian tugas akhir. Kata Kunci : Kecemasan, Akademik, Penyelesaian, tugas akhir
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 06:32 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |