Uji Validitas Isi Modul Pelatihan untuk Meningkatkan Penalaran Moral Anak MIS Nurul Ihsan di Masa Pandemi

Amaliyah, Ilmi and Saputra, Nofrans Eka and Rahman, Marlita Andhika (2021) Uji Validitas Isi Modul Pelatihan untuk Meningkatkan Penalaran Moral Anak MIS Nurul Ihsan di Masa Pandemi. S1 thesis, University of Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ILMI AMALIYAH 1 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
da pus.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
abstak.pdf

Download (54kB)

Abstract

Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) anak tidak secara langsung mendapatkan pendidikan moral hingga mengakibatkan lunturnya nilai moral dan karakter anak. Hal tersebut memicu perilaku-perilaku yang menunjukkan sikap anak melanggar aturan di MIS Nurul Ihsan. Perilaku tersebut menunjukkan anak belum menunjukkan usahanya terhadap wujud harapan keluarga dan lingkungan sekitarnya seperti melanggar aturan, berkata kasar dan melawan guru. Penelitian ini untuk melihat uji validitas isi modul Let’s CREAM dalam meningkatkan penalaran moral anak pada anak MIS Nurul Ihsan di masa pandemi.Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan menggunakan Teknik analisis berdasarkan hasil uji validitas isi. Data penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan, merancang modul dan melakukan validasi bersama validator. Pengambilan data menggunakan Lembar Validasi Modul Let’s CREAM dan Skala Penalaran Moral Anak. Teknik Analisis data menggunakan Aiken’s V. Berdasarkan hasil Aiken’s V diperoleh hasil bahwa modul Let’s CREAM untuk meningkatkan penalaran moral anak memiliki validitas isi yang baik dengan nilai 0,645-0,77. Hasil validasi alat ukur memiliki rentang angka dari 0,50-0,87. Uji Validitas Isi Modul Let’s CREAM (Creative in Morality) memiliki validitas isi yang baik, artinya terdapat kesesuaian isi atau materi dalam tiap sesi modul dengan tujuan yang hendak dicapai. Diharapkan peneliti selanjutnya agar menguji cobakan modul ini kepada anak sekolah dasar usia 10-12 tahun untuk dilihat efektivitasnya dalam meningkatkan penalaran moral

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: AMALIYAH
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:16
Last Modified: 12 Jan 2022 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item View Item