PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI DI KOTA JAMBI

FIRDAUS, FIRDAUS (2022) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU MTS NEGERI DI KOTA JAMBI. S2 thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
COVER-FIRDAUS.pdf

Download (398kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN-FIRDAUS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-FIRDAUS.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V FIRDAUS-TESIS-UNJA.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-P2A219011-TESIS-UNJA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurang baiknya supervisi akademik kepala sekolah dan kurangnya penguasaan kompetensi pedagogik guru merupakan faktor yang diduga mempengaruhi kualitas kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) supervisi akademik kepala sekolah, (2) kompetensi pedagogik guru, (3) kinerja guru, (4) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, (5) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru, dan (6) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif berbentuk survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTs Negeri dibawah Kementerian Agama Kota Jambi berjumlah 254 guru Honorer dan Pegawai Negeri Sipil. Sampel diperoleh sebanyak 155 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan skala model likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan uji asumsi klasik, uji secara parsial (Uji T) dan uji secara simultan (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara umum kinerja guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase 89,28%, (2) supervisi akademik kepala sekolah berada pada kategori sangat baik dengan persentase 84,19%, (3) kompetensi pedagogik guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase 85,57%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru yaitu nilai r sebesar 0,334 dan nilai r square sebesar 0,112 atau 11,2%, (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kinerja guru yaitu nilai r sebesar 0,646 dan nilai r square sebesar 0,418 atau 41,8% serta (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan kinerja guru yaitu nilai r sebesar 0,658 dan nilai r square sebesar 0,433 atau 43,3%. Sedangkan sisanya sebesar 56,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FIRDAUS
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:09
Last Modified: 13 Jan 2022 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30182

Actions (login required)

View Item View Item