Rahmini, Ratu (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Exe Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Secara Daring Melalui Aplikasi WhatsApp Siswa SMA Negeri 6 Musi Rawas. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER FIX.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK fix.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Ratu 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I fix.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB V fix.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
HLM PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERNYATAAN FIX.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN fix.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL RATU fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmini, Ratu. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Exe Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Secara Daring Melalui Aplikasi WhatsApp Siswa SMA Negeri 6 Musi Rawas: Skripsi, Jurusan Pendidik Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd.,(II) Isrina Siregar, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media E-Modul, Exe Learning Hasil Observasi yang dilakukan di SMA Negeri 6 Musi Rawas bahwa peserta didik kurang memahami materi. Pada saat ini SMA Negeri 6 Musi Rawas melakukan pembelajaran berbasis daring, penyebab pembelajaran daring di SMA Negeri Bangun Jaya dikarenakan adanya penyebaran virus corona. Dan di SMA Negeri Bangun Jaya pembelajaran daring menggunakan beberapa aplikasi salah satu nya menggunakan aplikasi WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan E-Modul berbasis Exe Learning dalam pembelajaran sejarah secara daring aplikasi WhatsApp pada siswa SMAN 6 Musi Rawas dan juga untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan, Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis, Desain, Development (Pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. E-Modul yang dikembangkan telah melalui tahap validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa E-modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan setelah melalui validasi ahli materi dan ahli media. Pada validasi ahli materi memperoleh skor sebanyak 49 dengan hasil presentase 98% dan masuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk diujicobakan. Pada validasi ahli media memperoleh skor sebanyak 53 dengan hasil presentase 88,33% dan masuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk diujicobakan. Sementara itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan yaitu dilakukan ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar dengan menggunakan angket yang mana angket tersebut dibagikan melalui group yang terdapat dalam aplikasi whatsApp. Adapun hasil dari ujicoba kelompok kecil mendapatkan skor sebanyak 674 dengan presentase 89,86% masuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil ujicoba kelompok besar mendapatkan skor sebanyak 1.375 dengan presentase 91,53% masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dapat menjadi masukan dan menambah variasi media dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran dan bagi siswa dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar mandiri dalam mempelajari materi sejarah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | RAHMINI |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |