CHRISTINE, AGNIDA DAME (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI MIPA DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang terfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya antara ilmu kimia itu dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan suatu masalah. Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) hadir sebagai salah satu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran kimia. CEP merupakan suatu pendekatan pembelajaran kimia yang kontekstual yaitu mengaitkan pembelajaran dengan objek nyata sehingga selain mempelajari materi, siswa juga dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi dan menumbuhkan semangat berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-LKPD berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Koloid Untuk Siswa Kelas XI MIPA di SMA serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap bahan ajar e-LKPD yang dikembangkan di kelas XI MIPA SMAN 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian diperoleh dari tim ahli materi dan ahli media, masing-masing diperoleh rerata skor penilaian sebesar 4,71 (sangat layak) 4,77 (sangat layak) serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian dari dua guru, diperoleh rerata skor sebesar 4,40 (sangat baik) dan 4,60 (sangat baik) dengan nilai Measure of Agreement Kappa yaitu 1.000 (sangat baik) Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 86,76%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar e-LKPD ini sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi Sistem koloid.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | CHRISTINE |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:54 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |