Dwiyanturi, Agus (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH(PJJ) DI SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan konseling.
![]() |
Text
BAB 1-5 AGUS REVISI-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI-dikonversi.pdf Download (44kB) |
![]() |
Image
WhatsApp Image 2022-01-13 at 13.48.09.jpeg Download (143kB) |
![]() |
Image
WhatsApp Image 2022-01-13 at 13.48.09(1).jpeg Download (229kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (74kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Disiplin Diri dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Negeri 8 Kota Jambi Nama : Agus Dwiyanturi NIM : RRA1E115017 Pembimbing 1 : Drs. Asradi, M.M Pembimbing 2 : Hera Wahyuni, S.Pd., M.Pd Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini semakin menekankan peran orangtua dalam mendampingi anak ketika belajar. Disaat PJJ ini guru tidak dapat berinteraksi langsung kepada siswanya baik secara fisik maupun psikologis. Peran orangtua lah yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran anak, orangtua sebagai pengajar dan pendidik utama dirumah saat ini sangat di perlukan. Pola asuh yaitu cara mendidik orangtua yang diterapkan dirumah kepada anak-anak mereka berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang ada, tujuannya adalah mendidik, mengasuh dan merawat anak agar menjadi seseorang yang berguna untuk keluarga dan lingkungan sekitar. sedangkan Disiplin diri merupakan aktivitas sadar seperti kepatuhan dan ketaatan yang dilakukan seseorang agar dapat menjadi pribadi yang baik dengan membentuk karakter diri yang sesuai dengan peraturan yang ada. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana dan pengolahan analisis regresi menggunakan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian mengenai Tingkat pola asuh orangtua menunjukkan pada klasifikasi “Tinggi” dengan persentase sebesar 69,4%. Tingkat Disiplin Diri yang dimiliki oleh siswa berada pada klasifikasi “Tinggi” dengan persentase sebesar 68,9%, pada hasil pengolahan analisis regresi, perhitungan menggunakan bantuan program SPSS diperoleh F hitung sebesar 60,846 > F tabel 3,97. Dengan hasil tersebut menandakan bahwa “hipotesis diterima” atau “terdapat pengaruh pola asuh orangtua terhadap disiplin diri dalam pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 8 Kota Jambi”. Nilai determinasi yang diperoleh menunjukkan angka sebesar 0,451 dengan persentase 45,1 %. Pada penelitian ini pola asuh orangtua mempengengaruhi disiplin diri sebesar 45,1 %. Sedangkan sebesar 54,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengolahan data Disiplin Diri dalam pembelajaran jarak jauh dan pola asuh orangtua yang telah dilaksanakan di SMP N 8 Kota Jambi dapat digunakan untuk meningkatkan Disiplin diri yang ada di SMP N 8 Kota Jambi. Dengan begitu, guru bimbingan dan konseling serta pihak terkait dapat mengoptimalkan layanan dengan baik. Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Disiplin Diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | DWIYANTURI |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 07:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 07:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |