ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN TOPIK JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewi, Liana and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvi (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN TOPIK JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN TOPIK JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI LIANA DONE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting karena guru dianggap yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan siswa. Sejalan dengan hal ini, guru dituntut untuk menciptakan proses pembelajaran yang bisa meningkatkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa sehingga siswa dapat terhindar dari kesulitan belajar terutama dalam mengerjakan soal cerita matematika dengan topik jarak, waktu, dan kecepatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa mengerjakan soal cerita matematika dengan topik jarak, waktu, dan kecepatan di kelas V SDN 1/IV Kota Jambi Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SDN 1/IV Kota Jambi pada semesnter ganjil 2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini diproleh dengan cara wawancara dan observasi terhadap informan penelitian yaitu Bapak TS selaku walikelas V (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data pendukung). Setelah di peroleh data, maka akan dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru di SDN 1 /IV Kota Jambi dalam mengatasi kesulitan siswa mengerjakan soal cerita matematika dengan topik jarak, waktu dan kecepatan ada sembilan peran yaitu guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pemimpin, model dan teladan, administrator, pendorong kreativitas, fasilitator, dan evaluator. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa mampu mengerjakan soal cerita matematika dengan topik jarak, waktu, dan kecepatan di SDN 1/IV Kota Jambi telah berjalan dengan baik. Hal ini dilatarbelakangi oleh peran guru dalam menjadi acuan dalam membantu siswa mengerjakan soal cerita.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dewi
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:50
Last Modified: 14 Jan 2022 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30236

Actions (login required)

View Item View Item