PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KIMIA

Asbupel, Fatnan PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KIMIA. PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KIMIA.

[img] Text
A1C113025-ABSTRAK PDF.pdf

Download (929kB)

Abstract

Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) penting untuk dapat mengukur tingkat penguasaan materi ajar peserta didik. Bagaimanapun, banyak guru yang belum atau tidak melakukan pengukuran HOTS peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada bidang studi kimia dengan materi asam basa. Penelitian ini mengadopsi model wilson, model Oriondo dan Antonio yang dimodifikasi. Sebanyak 30 item disiapkan dan divalidasi dan diujicobakan pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Sungai Penuh. Semua item tes yang dikembangkan fit dengan model PCM 1-PL. Tingkat kesukaran item berada pada rentang -1,42 ≤ b ≤ 1,52 dan reliabilitas yang baik dengan skor sebesar 0,98 pada tahap ujicoba. Hasil pengukuran HOTS peserta didik menunjukkan 57,14% pada HOTS sangat tinggi dan sisanya 42,86% HOTS sangat rendah. Instrumen tes yang dikembangkan untuk mengukur HOTS peserta didik dengan materi asam basa memiliki tingkat kesukaran dan reliabilitas yang baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FATNAN ASBUPEL
Date Deposited: 31 Jan 2018 01:08
Last Modified: 31 Jan 2018 01:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item