Pengembangan website pembelajaran matematika untuk meningkatkan fokus belajar pada anak autism spectrum disorder

Lumbantoruan, Dear and Kamid, Kamid and Anwar, Khairul (2022) Pengembangan website pembelajaran matematika untuk meningkatkan fokus belajar pada anak autism spectrum disorder. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengembangan Website Pembelajaran matematika untuk meningkatkan fokus belajar pada Anak Autism Spectrum Disorder)
S4.4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (941kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) meningkat pada setiap tahunnya dan sebagian besar mereka mengikuti pendidikan di sekolah umum dimana Anak ASD cenderung sulit dalam memfokuskan diri terhadap pembelajaran sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Terlebih saat ini terjadinya pandemik Covid-19 yang membuat adanya pembelajaran daring dan luring. Oleh sebab itu, dilakukan pengembangan website pembelajaran matematika yang dapat diakses secara luas baik menggunakan smartphone atau PC, serta mampu memberikan informasi mengenai ASD. Selain itu, terdapat video pembelajaran matematika berbasis Video Self-Modeling (VSM) yang mampu membantu Anak ASD memfokuskan diri dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Pada tahap analysis dilakukan melalui wawancara terhadap guru kelas autis di SLBN 2 Kota Jambi dan melakukan observasi terhadap karakteristik siswa autis. Dengan mempertimbangkan hasil dari tahap analysis, maka dibuat rancangan produk pada tahap design dan dapat diketahui karakteristik siswa autis yang menjadi subjek ujicoba. Selanjutnya, tahap development dilakukan dengan memberikan lembar validasi produk kepada ahli media bidang autis dan komputer, untuk mengetahui saran atau perbaikan produk sebelum diujicobakan. Setelah melalui tiga kali tahap validasi oleh masing-masing ahli media, dilakukan tahap implementation. Ujicoba satu-satu dilakukan kepada seorang guru kelas autis dan mengamati perilaku dari 3 orang anak autis kategori ringan di SLBN 2 Kota Jambi. Melalui hasil analisis data respon pengguna diketahui penggunaan produk pada pembelajaran matematika untuk anak autis baik atau tidak serta hasil observasi dari anak autis dianalisis untuk melihat perilaku fokus belajar anak autis ada atau tidak. Hasil penelitian pengembangan adalah website pembelajaran matematika untuk meningkatkan fokus belajar pada Anak Autism Spectrum Disorder. Analisis karakteristik siswa autis ditemukan 3 siswa autis bergejala ringan di kelas IV yang menjadi subjek ujicoba. Respon guru sebagai pengguna terhadap produk yang dikembangkan adalah sangat baik dengan skor rata-rata 3,55. Dengan demikian, penggunaan produk pada saat pembelajaran matematika oleh guru/pendamping anak autis sangat baik untuk digunakan. Selain itu, hasil observasi perilaku fokus belajar siswa autis terhadap video pembelajaran masing-masing siswa menunjukkan adanya perilaku fokus belajar. Keterbatasan penelitian terjadi hanya sampai uji praktis dan tidak dilakukan uji efektivitas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: website pembelajaran matematika, fokus belajar anak autis, autism spectrum disorder
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Lumbantoruan
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:12
Last Modified: 20 Jan 2022 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30290

Actions (login required)

View Item View Item