Utami, Gumaya Indriana and Nofrienis, Rina and Wulandari, Putri Sari (2021) PERBEDAAN RERATA NILAI PRAKTIKUM ANATOMI MAHASISWA TAHUN PERTAMA YANG MENGIKUTI KEGIATAN ASISTENSI DAN YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN ASISTENSI PADA PRAKTIKUM ANATOMI DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FINAL_G1A118131 GUMAYA INDRIANA UTAMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN FIX.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I fix.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB V fix.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang : Kegiatan asistensi atau Peer Assisted Learning (PAL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK UNJA). PAL adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara berdiskusi secara aktif dan kooperatif dalam sebuah kelompok yang tidak melibatkan dosen maupun profesional. Tujuan: Mengetahui perbedaan rerata nilai praktikum anatomi mahasiswa tahun pertama yang mengikuti kegiatan asistensi dan yang tidak mengikuti kegiatan asistensi pada praktikum anatomi di FKIK UNJA. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional yang melibatkan seluruh mahasiswa kedokteran FKIK UNJA angkatan 2021. Total sampel 129 mahasiswa, 63 mahasiswa mengikuti asistensi dan 66 mahasiswa tidak mengikuti kegiatan asistensi. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan uji beda Mann Whitney. Hasil: Nilai rata-rata dari kelompok asistensi adalah 72,54 dan kelompok non asistensi adalah 64,83. Didapatkan perbedaan antara dua kelompok dengan p value 0,000 (p<0,05). Total sampel 129 mahasiswa, 63 mahasiswa mengikuti asistensi dan 66 mahasiswa non asistensi. Kesimpulan: Terdapat perbedaan rerata nilai ujian praktikum anatomi mahasiswa tahun pertama yang mengikuti kegiatan asistensi dan yang tidak mengikuti kegiatan asistensi pada praktikum anatomi di FKIK UNJA. Kata kunci: Kegiatan asistensi, anatomi , praktikum Background: Peer Assisted Learning (PAL) is one of the learning methods applied at the Faculty of Medicine and Health Sciences, Jambi University (FKIK UNJA). PAL is a learning method that is carried out by actively and cooperatively discussing in a group that does not involve lecturers or professionals. Objective: To find out the difference in the average value of the anatomy practicum of first year students who took part in the assistance activities and those who did not participate in the assistance activities in the anatomy practicum at FKIK UNJA. Methods: The research design used in this study is an observational analytic study with a cross-sectional approach involving all medical students of FKIK UNJA batch 2021. This study is using Komogorov smirnov for the normality test, and Mann Whitney U for the difference test. Results: The mean value of the assistance group was 72.54 and the non-assisted group was 64.83. There was a difference between the two groups with a p-value of 0.000 (p<0.05). The total sample was 129 students, 63 students participated in the assistance and 66 students did not participate in the assistance activities. Conclusion: There is a difference average on first year student's grade (real practice) who joined the PAL and they who disjoined the PAL in FKIK UNJA. Keywords: Peer Assisted Learning (PAL), anatomy, practicum.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | Utami |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 07:51 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |