DESTRIANTI, RYEN NOPRI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI EKSPLORASI GERAK TARI PADA MUATAN PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VE SD NEGERI 47 KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI EKSPLORASI GERAK TARI PADA MUATAN PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS VE SD NEGERI 47 KOTA JAMBI.
Text
A1D113074-JURNAL.pdf Download (309kB) |
Abstract
ABSTRAK Destrianti, Ryen Nopri. 2017. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Eksplorasi Gerak Pada Muatan Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas VE SD Negeri 47 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd dan (2) Dr. Muhammad. Musfawi, S.Pd.I, M.Pd. I. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Eksplorasi Gerak Berdasarkan observasi di kelas VE SD Negeri 47 Kota Jambi, bahwa pembelajaran yang dilakukan khusunya muatan pelajaran SBdP. Banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan oleh guru, tidak memperhatikan guru pada saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, tidak mau maju kedepan, tidak mau menunjukkan gerak badannya, sering mengobrol, dan apabila diberikan tugas diskusi atau kelompok hanya sebagian siswa saja yang mengerjakannya, siswa yang lain hanya melihat dan menunggu contekan dari temannya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui eksplorasi gerak pada muatan pelajaran SBdP kelas VE SD Negeri 47 Kota Jambi. Adapun langkah-langkah eksplorasi gerak yaitu (1) bercerita, (2) meniru, (3) bermain, dan (4) demontrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Februari sampai dengan 09 Maret tahun ajaran 2016/2017. Indikator motivasi belajar yang diobservasi yaitu (1) Semangat siswa, (2) menunjukkan minat, (3) reaksi siswa, dan (4) tanggung jawab. Hasi penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dengan eksplorasi gerak cukup signifikansi terlihat pada siklus I 54,80% kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 75% pada kategori baik, peningkatan motivasi belajar telah sesuai dengan indikator. Peneliti telah menggunakan eksplorasi gerak sesuai dengan yang telah direncanakan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, maka penelitian ini telah dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Maka dapat disimpulkan penggunaan eksplorasi gerak dapat meningkatkan motivasi belajar pada muatan pelajaran SBdP di kelas VE SD Negeri 47 Kota jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RYEN NOPRI D |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 03:18 |
Last Modified: | 31 Jan 2018 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3037 |
Actions (login required)
View Item |