Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi

Al Salamah, Madina (2021) Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Revisi Skripsi Madina Al Salamah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
CamScanner 01-18-2022 06.47.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Madina al salamah, 2021. Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi, Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I., Muhammad Sobri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Perbedaan Individual, kognitif, Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Individual Kognitif Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perbedaan individual kognitif siswa kelas VII dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Mahdaliyah Kota Jambi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunaka tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik perbedaan individual siswa tergambar pada dua gaya kognitif Field Dependent (siswa cenderung memilih belajar dalam kelompok) dan gaya kognitif Fiel Independent (siswa cenderung memilih belajar individual). Serta peserta didik memiliki latar belakang sekolah yang berbeda, latar belakang keluarga yang berbeda, tingkat menangkap pelajaran yang berbeda dan minat belajar yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Cara guru menyikapi perbedaan individual kognitif siswa kelas VII adalah dengan cara pemberian waktu tambahan, memberikan bimbingan khusus kepada siswa, membuat pelajaran lebih menarik, menciptakan bi’ah Arabiyah, membuat pojok kata Bahasa Arab. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memperhatikan lagi perbedaan individual kognitif siswa, sebagai bahan penetapan bahan ajar dan metode apa yang digunakan dalam pembelajaran, serta menambah lagi metode pembelajaran yang menarik agar siswa semangat dalam belajar Bahasa Arab.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Al-Salamah
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:37
Last Modified: 18 Jan 2022 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30391

Actions (login required)

View Item View Item