Ulandari, Miranti Julia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran ApresiasiDrama Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator di Madrasah Aliyah. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran apresiasi drama berbasis aplikasi menggunakan Smart Apps Creator. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan belajar dan mengatasi masalah pembelajaran yang sering terjadi pada masa pembelajaran dengan tatap muka yang terbatas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model pengembangan ADDIE. Data dari penelitian ini bersumber dari wawancara, angket dan catatan di lapangan selama peneliti mengadakan penelitian. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Tanjung Jabung Timur dengan objek penelitian adalah aplikasi pembelajaran drama dengan subjek penelitian pengguna dari media pembelajaran, yakni guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MAN 1 Tanjung Jabung Timur. Media yang telah dibuat akan divalidasi terlebih dahulu sebelum diujicobakan. Proses pengembangan produk dimulai dengan analisis kinerja dan analisis kebutuhan pada subjek penelitian. Analisis ini dilakukan dengan observasi dan pembagian angket kepada siswa dan guru di Madrasah Aliyah Negeri 1. Setelah menemukan kriteria aplikasi yang akan dibuat, maka didesainlah aplikasi yang sesuai dengan hasil analisis. Desain aplikasi dibuat dalam bentuk template yang kemudian akan dikembangkan dengan memasukkan template pada aplikasi smart apps creator lalu menambahkan fitur hyperlink sesuai dengan tombol-tombol navigasi yang digunakan. Penulis melanjutkan tahap pengembangan dengan memvalidasikan produk dengan uji validasi materi dan uji validasi media. Hasil uji validasi materi memperoleh skor 4,06 sehingga menunjukan kategori sangat layak, kemudian untuk uji validasi media memperoleh skor 4,7 sehingga menunjukan kategori sangat layak. Pada tahap implementasi, penguji melakukan uji coba kelayakan dan keefektifan aplikasi pada guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI MAN 1 Tanjung Jabung Timur. Pada uji kelayakan faktor usability yang guru bidang studi yang dilakukan dengan angket mendapat skor adalah 4,1 atau dikategorikan sangat layak. Lalu uji coba kelayakan dan keefektifan aplikasi dilakukan pada siswa di uji coba kelompok kecil dan mendapatkan rata-rata skor 4,1 dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji coba siswa pada kelompok besar mendapatkan rata-rata skor 4,2 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android untuk pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI MAN 1 Tanjung Jabung Timur dengan nama aplikasi “Apresiasi Drama” sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Ulandari |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |