PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA DANAU KERINCI SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN KELAS X SMA

Kandela, Iga Suci (2021) PENGEMBANGAN E-BOOKLET BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA DANAU KERINCI SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Cover Depan Iga.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
SKRIPSI_IGA_SUCI_KANDELA_(A1C417066)-1-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Pengesahan .pdf

Download (453kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-booklet kearifan lokal kawasan wisata Danau Kerinci dan mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap e-booklet yang dibuat. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik dan guru pengampu mata pelajaran biologi. E-booklet yang dikembangkan membahas materi pelestarian lingkungan berbasis kearifan lokal kawasan wisata Danau Kerinci.Penelitian ini termasuk kedalam kelompok Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D, dimana terdapat 4 tahapan pengembangan yaitu terdiri :a) pendefinisian (define), b) perancangan (design),c) pengembangan (development) dan d) penyebaran (desseminate). Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Ujicoba dilakukan kepada 6 orang peserta didik untuk kelompok kecil dan 27 orang peserta didik untuk kelompok besar. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli media dan meteri, pedoman wawancara guru, dan lembar angkep persepsi siswa dan guru. Hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori “sangat baik” dan hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 91,6% dengan kategori “sangat baik’. Hasil ujicoba untuk kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,14% dengan kategori “sangat baik” , kelompok besar dengan persentase sebesar 80,5% dengan kategori “sangat baik” dan persepsi guru sebesar 94,31% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-booklet kearifan lokal kawasan wisata Danau Kerinci pada materi pelestarian lingkungan untuk kelas X layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Iga Kandela
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:29
Last Modified: 18 Jan 2022 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30421

Actions (login required)

View Item View Item