Widiastiningsih, Rahmah (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS POLA ARGUMENTASI TOULMIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
1.cover.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
9.BAB V.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf Download (515kB) |
Abstract
Kata kunci: asam-basa; e-modul; pola argumentasi Toulmin; pengembangan media. Pembelajaran abad 21 menuntun siswa lebih aktif dalam proses belajar, kreatif dan inovatif, sehingga dibutuhkan suatu inovasi baru dalam meningkatkan keterampilan siswa terutama di bidang sains. Argumentasi brperan penting pada praktek utama sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan e-modul, kelayakan e-modul berdasarkan persepsi konsep dan praktisi, serta keefektifan e-modul yang dikembangkan sebagai bahan ajar berdasarkan pola argumentasi Toulmin. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan Metode penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee and Owens (2004). Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konseptual oleh ahli materi dan ahli media mencapai kelayakan dilihat dari persentase skala interval yang meningkat dengan kategori sangat baik. Hasil kelayakan praktisi berdasarkan respon guru kategori sangat baik dan siswa dari kedua kelompok dengan hasil uji korelasi nilai Sig. (2-tailed) 0,003, maka terdpat korelasi, kemudian intaclass correlation coefficient adalah sebesar 0,629 dalam kategori “tinggi”. Uji keefektifan dilihat dari rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 43,7387 termasuk dalam kategori “kurang efektif”. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari hasil belajar dengan nilai Sig. (2-tailes) adalah 0,000 < 0,005 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, penilaian guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa e-modul berbasis pola argumentasi Toulmin ini dapat dijadikan salah satu sumber belajar dalam pembelajaran materi asam basa di SMA.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Widiastiningsih |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:22 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |