Damayanti, Latipia (2022) Pengaplikasian Modul Elektronik Berbasis Permainan Tradisional Jage Benteng (Benteng-bentengan) menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional untuk Kelas V Tema 1 Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
PENGAPLIKASIAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL JAGE BENTENG (BENTENG-BENTENGAN) MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (9kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (21kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
Abstract
ABSTRAK Damayanti, Latipia. 2021. Pengaplikasian Modul Elektronik Berbasis Permainan Tradisional Jage Benteng (Benteng-bentengan) menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional untuk Kelas V Tema 1 Sekolah Dasar. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si., (II) Alirmansyah, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik, Permainan Tradisional, Jage Benteng (Benteng-bentengan), Flip PDF Professional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengembangkan, hasil kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul elektronik berbasis permainan tradisional jage benteng (benteng-bentengan) dengan menggunakan aplikasi flip PDF professional untuk kelas V tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Produk yang dikembangkan berupa modul elektronik berbasis permainan tradisional jage benteng (benteng-bentengan) yang diintegrasikan pada kelas V tema 1 subtema 1 pembelajaran 3. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari guru, tokoh adat, tokoh masyarakat, dinas pendidikan, peserta didik dan validator. Setelah melakukan studi pendahuluan peneliti mengembangkan produk berupa modul elektronik yang kemudian divalidasi oleh beberapa validator yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi. Setelah direvisi produk diujicobakan. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil (untuk melihat keterbacaan produk) kemudian direvisi setelah itu uji coba kelompok besar (untuk melihat respon peserta didik). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan presentase 92,5% (sangat valid) untuk validasi ahli materi, hasil dari validasi ahli media menunjukkan persentase 92% (sangat valid), hasil dari validasi ahli bahasa menunjukkan presentase 85% (sangat valid). Validasi ahli praktisi pada validator I yaitu 96% (sangat praktis) dan validator II yaitu 94% (sangat praktis). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa kurangnya media yang mendukung yaitu speaker jadi video yang ditampilkan tidak terdengar oleh peserta didik. Uji coba kelompok besar mendapatkan hasil respon dari peserta didik yaitu 3,71% termasuk kategori sangat tidak baik, 0% termasuk kategori tidak baik, 0% termasuk kategori cukup, 37,04 termasuk kategori baik, dan 59,25 termasuk kategori sangat baik. Respon peserta yang sangat baik menunjukkan keberhasilan pengembangan produk yang telah dilakukan oleh peneliti. Kesimpulannya dari penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan adalah telah valid dan praktis yang berarti layak untuk diujicobakan kepada peserta didik dan mendapatkan hasil respon peserta didik dengan kategori sangat baik. ABSTRACT Damayanti, Latipia. 2021. Application of the Electronic Module Based on the Traditional Game of Jage Benteng (Benteng-Bentengan) using the Flip PDF Professional Application for Class V Theme 1 Elementary School. Supervisor: (I) Prof. Dr. rer. grout. Asrial, M.Sc., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Keywords: Electronic Module, Traditional Games, Jage Benteng (Forts), Flip PDF Professional. This study aims to describe how to develop, accurate results and student responses to traditional game-based modules using professional flip PDFs for class V theme 1 sub theme 1 learning 3 elementary school. This research is a type of Research and Development (R&D) or research and development with a 4D development model. The product developed is an electronic module based on the traditional game of jage fort (fortresses) which is integrated in class V theme 1 sub learning 3. This research and development data was obtained from teachers, traditional leaders, community leaders, education offices, students and validators. After conducting a preliminary study, the researcher developed a product in the form of an electronic module which was then validated by several validators, namely material experts, media experts, linguists and practitioners. After being revised the product is tested. The trial was carried out in small groups (to see the readability of the product) and then revised after the large group trial (to see student responses). The results of research and development showed a percentage of 92.5% (very valid) for material expert validation, the results of media expert validation showed a percentage of 92% (very valid), the results of linguist validation showed a percentage of 85% (very valid). Validation of expert practitioners on validator I is 96% (very practical) and validator II is 94% (very practical). The results of the small group trial showed that there was a lack of supporting media, namely speakers, so that the videos displayed were not heard by students. The large group trial got responses from students, namely 3.71% including the very bad category, 0% including the not good category, 0% including the sufficient category, 37.04 including the good category, and 59.25 including the very good category. The excellent response of participants shows the product development that has been carried out by researchers. The conclusion from the research and development that has been done is valid and practical which is feasible to be tested on students and get the results of student responses in the very good category.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Module, Traditional Games, Jage Fort (Forts), Flip PDF Professional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DAMAYANTI |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 06:35 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30457 |
Actions (login required)
View Item |