Saputri, Juwita (2022) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Besenjang sebagai Bahan Ajar Pendukung dengan Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional di Sekolah Dasar Kelas V Tema 4. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI FULL JUWITA SAPUTRI A1D118060.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (9kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
Abstrak: Kearifan lokal merupakan nilai-nilai luhur yang ada dalam tatanan kehidupan masyarakat. Keberadaan kearifan lokal tentu dekat dengan kehidupan masyarakat. Meski demikian nilai luhur yang ada pada kearifan lokal patut kita kenalkan dan budayakan pada masyarakat, khususnya anak-anak yang mudah menyerap apapun pembelajaran. Salah satu kearifan tersebut adalah Besenjang yang berasal dari provinsi Sumatera Selatan yang memiliki nilai luhur sebagai cara untuk mengungkapkan isi hati seseorang. Modul elektronik ini dijadikan sebagai bahan ajar pendukung di sekolah dasar kelas V tema 4 subtema 1 pembelajaran 4. Dengan 3 muatan pembelajaran yaitu PPKn, IPS dan Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Pada langkah awal peneliti melakukan tahap pendefinisian dimulai dari analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Selanjutnya melakukan perancangan produk yang akan disusun. Setelah itu mengembangkan modul sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Kemudian produk yang dihasilkan akan di validasi dan dilihat kepraktisan produk. Modul yang dikembangkan juga akan dilakukan uji coba pada kelompok kecil untuk keterbacaan dan uji coba kelompok besar untuk melihat respon peserta didik terhadap modul elektronik berbasis kearifan lokal Besenjang. Hasil penelitian pada tahap uji kevalidan dan kepraktisan peneliti menemui 4 validator sebagai validasi materi, bahasa, media dan praktisi. Dengan tingkat kevalidan aspek materi dengan rata-rata 4,3 dengan persentase 86 % dalam kategori valid. Pada aspek bahasa dengan rata-rata 4,6 pada persentase 93 % kategori sangat valid. Aspek media dengan rata-rata 4,5 persentase 90 % pada kategori sangat valid. Pada aspek kepraktisan dengan 2 validator masing-masing dengan rata-rata 4,6 dan 4,3 dengan persentase 92 % dan 86 % pada kategori sangat valid dan valid. Modul elektronik ini diuji cobakan untuk melihat keterbacaan dan ditemukan kendala yang dialami peserta didik dan akan direvisi serta diuji cobakan pada kelompok besar dengan hasil respon didapatkan pada kategori sangat baik dengan persentase 41,38 % yaitu 12 dari 29 peserta didik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik berbasis kearifan lokal Besenjang sabagai bahan ajar pendukung layak digunakan dalam pembelajaran serta memiliki respon yang sangat baik bagi peserta didik di sekolah dasar kelas V. Abstrack: Local wisdom is the noble values that exist in the order of people's lives. The existence of local wisdom is certainly close to people's lives. However, the noble values that exist in local wisdom should be introduced and cultured in the community, especially children who easily absorb any kind of learning. One of these wisdoms is Besenjang, which comes from the province of South Sumatra, which has noble values as a way to express one's heart. This electronic module is used as a supporting teaching material in elementary school grade 5 theme 4 sub-theme 1 learning 4. With 3 learning content, namely Civics, Social Studies and Indonesian. The research method used is research and development with a 4D model. In the initial step, the researcher carried out the definition stage starting from the initial-late analysis, student analysis, task analysis, concept analysis and specification of learning objectives. Next do the product design that will be compiled. After that, develop the module according to the design that has been made. Then the resulting product will be validated and seen the practicality of the product. The module being developed will also be tested in small groups for readability and large group trials to see student responses to the electronic module based on Besenjang's local wisdom. The results of the research at the stage of testing the validity and practicality of the researchers met 4 validators as validation of material, language, media and practitioners. With the level of validity of the material aspect with an average of 4.3 with a percentage of 86% in the valid category. In the language aspect with an average of 4.6 at a percentage of 93% the category is very valid. The media aspect with an average of 4.5 percentage 90% in the very valid category. In the practical aspect with 2 validators each with an average of 4.6 and 4.3 with a percentage of 92% and 86% in the very valid and valid category. This electronic module was tested to see the legibility and found obstacles experienced by students and will be revised and tested in large groups with the response results obtained in the very good category with a percentage of 41.38%, namely 12 of 29 students. From the results of this study, it can be concluded that the development of an electronic module based on Besenjang's local wisdom as a supporting teaching material is appropriate for use in learning and has a very good response for students in elementary school class V. Keywords: Besenjang, Electronic Module, Local Wisdom, Flip PDF Professional
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Besenjang, Modul Elektronik, Kearifan Lokal, Flip PDF Professional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Saputri |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 06:37 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30480 |
Actions (login required)
View Item |