Kiska, Nurul Delima (2022) Pengembangan Materi Ajar Elektronik Berbasis Permainan Tradisional Pyuh Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional untuk Kelas IV Tema 4. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cver.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
Abstract
Indonesia adalah salah satu Negara yang memilki keberagaman kearifan lokal, kearifan lokal yang ada dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar dalam kegiatan pembelajaran yang diintegrasikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan materi ajar elektronik yang diintegrasikan dalam modul elektronik berbasis permainan tradisional puyuh, untuk mengetahui kelayakan materi ajar elektronik yang diintegrasikan dalam modul elektronik berbasis permainan tradisional puyuh,dan untuk mengetahui respon belajar peserta didik dalam menggunakan materi ajar elektronik yang diintegrasikan dalam modul elektronik berbasis permainan tradisional puyuh. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan model penelitian 4-D (Fourth-D. Pada penelitian ini dilakukan dua kali uji coba yaitu uji coba kelompk kecil dilakukan untuk melihat keterbacaan dari produk yang dikembangkan dan uji coba kelompok besar untuk melihat respon belajar peserta didik. Sampel uji coba yaitu kelas IV C dengan jumlah peserta didik 10 orang untuk uji kelompok kecil dan 27 orang untuk uji kelompok besar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi, angket respond dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan statistic deskriptif dan analisis data kualitatif dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dimana hasil dari validasi ahli oleh validator penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan dikategorikan sangat valid. Validator ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Dimana skor hasil validasi materi diperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid, skor hasil validasi media dengan nilai rata-rata 4,6 kategori sangat valid,, skor hasil validasi bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,6 kategori sangat valid dan pada validasi ahli praktisi memperoleh niali rata-rata 4,8. Dimana dari hasil validasi praktisi dapat dikategorikan pada kategori sangat praktis yang mana hal tersebut diperkuat dengan pemerolehan skor pada angket validasi ahli praktisi. Dan hasil respon peserta didik memperoleh 38,12% yang termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan uraian diatas dimana dapat disimpulkan bahwasanya pengembangan meteri ajar elektronik yang diintegrasikan kedalam modul elektronik berbasis permainan tradisional “Puyuh” layak digunakan dalam pembelajaran kelas IV.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional Puyuh, Materi Ajar Elektronik, Modul Elektroni, 3D Pageflip Professional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Kiska |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 06:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30482 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |