Alrazi, Jaka Identifikasi Perhatian Orangtua Dalam Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2016/2017. Bimbungan Dan Konseling. (In Press)
Text
Artikel Ilmiah Jaka.pdf Download (397kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : “Identifikasi Perhatian Orangtua Dalam Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2016/2017” . Nama : JAKA ALRAZI NIM : ERA1D010092 Pembimbing Skripsi I : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Pembimbing Skripsi II :Dr. H. Hendra sofyan, M.Si Kata kunci : Peratian Orang Tua, Belajar, Siswa Kurangnya perhatian orang tua pada kegiatan belajar anak dapat menyebabkan anak malas untuk belajar. Malas dapat menyebabkan rutinitas belajar anak menjadi kurang teratur sehingga hasil belajar menjadi kurang maksimal. Perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar anak menjadi sangat penting karena dapat menjadi penyemangat bagi anak untuk terus belajar agar mendapatkan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan maka peneliti melakukan penelitian yang berjudul “ Identifikasi Perhatian Orangtua Dalam Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2016/2017. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengungkap kualitas perhatian orang tua dalam belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi dilihat dari faktor menyediakan fasilitas belajar, 2) Untuk mengungkap kualitas perhatian orang tua dalam belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi dilihat dari faktor mengawasi waktu belajar anak, 3) Untuk mengungkap kualitas perhatian orang tua dalam belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi dilihat dari faktor mengawasi kegiatan sekolah anak, 4) Untuk mengungkap kualitas perhatian orang tua dalam belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi dilihat dari faktor mengenal kesulitan belajar anak, 5) Untuk mengungkap kualitas perhatian orang tua dalam belajar siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi dilihat dari faktor Membantu kesulitan belajar Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, Dalam penelitian ini yang ditetapkan sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kota Jambi dengan jumlah sampel 67 orang siswa. Berdasarkan hasil peneltian diperoleh Identifikasi perhatian orang tua dalam belajar siswa di SMK Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2016/2017 secara umum berada pada kriteria tingkatan tinggi 69.73 %. Dan dilihat dari 1) Menyediakanfasilitas dalam tingkat identifikasi perhatian orang tua berada pada kategori tinggi 75.71%. 2) Mengawasiwaktu belajar pada kategori tinggi dengan jumlah total skor 68.06 %, 3) Mengawasi kegiatan anak pada kategori tinggi dengan jumlah total skor 62.69 %, 4) Mengenal kesulitan belajar anak pada kategori tinggi dengan jumlah total skor 67.41 %, 5) Membantu kesulitan belajar anak pada kategori tinggi dengan jumlah total skor 65.00 % Dari hasil 5 indikator diatas membuktikan bahwa Identifikasi perhatian orang tua dalam belajar di SMK Negeri 1 Kota Jambi Tahun 2016/2017 sudah berjalan dengan baik, dikarenakan semakin baik perhatian orang tua dalam belajar maka semakin baik juga prestasi siswa yang didapat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JAKA ALRAZI |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 00:59 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 00:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3049 |
Actions (login required)
View Item |