PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM (PjBL-STEM) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Noviyani, Anna (2022) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM (PjBL-STEM) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.

[img] Text
Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PjBL-STEM) dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PjBL-STEM) dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan Nonequevalent Control Group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 24 Batang Hari kelas VIII yang berjumlah 66 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, kuesioner, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur (two-way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PjBL-STEM) dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 (0,000<0,05). (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar tinggi, motivasi belajar sedang, dan motivasi belajar rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 (0,000<0,05). (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (PjBL-STEM) dan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,030 kurang dari 0,05 (0,030<0,05). Kata Kunci: Project Based Learning Terintegrasi STEM (PJBL-STEM), Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar Siswa, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Noviyani
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:16
Last Modified: 19 Jan 2022 04:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30513

Actions (login required)

View Item View Item