Himawati, Neli (2022) PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS UNTUK MENDESKRIPSIKAN KOGNITIF SISWA KELAS IX DI SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Hal. Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Lesson Study dalam proses pembelajaran IPA dan mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa berbasis transcript based lesson analysis pada materi listrik statis di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi pada tanggal 22 Oktober sampai 3 November 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX.3 yang terdiri dari 16 siswa. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan pembelajaran lesson study melalaui tiga tahapan yaitu, perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video pembelajaran, dokumentasi, dan lembar catatan lapangan penelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 dari analisis transkrip pembelajaran secara keseluruhan pembelajaran didominasi oleh guru, interaksi yang terjadi lebih cenderung kepada guru, untuk siswanya tidak terlalu banyak berinteraksi untuk deskripsi kognitif yang didapat dari hasil siklus satu ini hampir semua siswa tidak dapat memncapai tingkatan kognitif C3. Sedangkan pada siklus kedua lebih banyak ditemukan interaksi antara siswa dengan siswa serta untuk tingkatan kognitif yang mampu mereka capai dari C1 hingga C4 sesuai dengan tujuan peneliti semua siswa mampu mencapainya pada siklus kedua ini. Oleh karena itu disarankan agar guru bisa menerapkan lesson study untuk dapat membantu guru dalam penilaian yang autentik berupa nilai pengetahuan dan mencapainya tujuan pembelajaran. Kata Kunci : Lesson study, Kognitif, Transcript Based Lesson Analysis
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson study, Kognitif, Transcript Based Lesson Analysis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | HIMAWATI |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:18 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |