PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 20 TEBO

HIDAYATI, FITRIA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 20 TEBO. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover depan.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (617kB)
[img] Text
Caver, Abstrak dan daftar isi Fitri-1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Fitria Hidayati. 2020. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student facilitator explaining Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA N 20 Tebo”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. Rosmiati, M.Pd, Pembimbing II Novia Sri Dwijayanti, S.Pd. M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Student facilitator explaining, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 20 Tebo, terungkap bahwa selama proses belajar mengajar ekonomi aktivitas siswa dalam belajar masih kurang. Kurangnya aktivitas yang dimaksud adalah keaktifan siswa dalam memperhatikan pelajaran, bertanya, mengemukakan pendapat, dan kurangnya keberanian dan keterampilan siswa dalam mengungkapkan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran student facilitator explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA N 20 Tebo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian true experimental design. Jadi cirinya adalah adanya kelompok control dan sampel dipilih secara random. Adapun bentuk desain true experimental design yang digunakan, yaitu Posttest-Only Control Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menggunakan model student facilitator explaining. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar terhadap isi bidang studi yang dipelajari oleh subjek penelitian yang disebut juga sebagai variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian, dari Uji homogen bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 0,83 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II memiliki variansi yang homogeny, untuk uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 7.49302 > 1,6676 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 68 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6676 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Student facilitator explaining Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA N 20 Tebo. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Student facilitator explaining Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA N 20 Tebo Saran penelitian ini yaitu senantiasa menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi para siswa agar siswa tetap bersemangat dalam mengikuti setiap pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hidayati
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:36
Last Modified: 19 Jan 2022 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item View Item