Penggunaan Metode Blended Learning Berbasis Multimedia Untuk Pemahaman Konsep dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Pada Materi Teks Persuasi

Megowiyati, Wahyu (2022) Penggunaan Metode Blended Learning Berbasis Multimedia Untuk Pemahaman Konsep dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Pada Materi Teks Persuasi. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (290kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (178kB)
[img] Text
CamScanner 01-19-2022 14.10.pdf

Download (407kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan metode blended learning berbasis multimedia dalam pemahaman konsep peserta didik pada materi teks persuasi dan mendeskripsikan penggunaan metode blended learning berbasis multimedia dalam pengembangan karakter peserta didik pada materi teks persuasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan pendekatan yang digunakan dapat penelitian ini yaitu pendekatan studi kasus . Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan observasi terus menerus, triangulasi sumber data, metode dan peneliti lain, pengecekan anggota/member check, diskusi teman sejawat/reviewing, dan pengecekan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode blended learning untuk pemahaman konsep dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu; tahap perencanaan dengan menentukan jumlah jam tatap muka dan jumlah peserta didik pada pelaksanaan tatap muka di kelas, mempersiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran, dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Tahap pelaksanaan pembelajaran meliputi tatap muka(sinkronus konvensional) dan pembelajaran online (asynchronous mandiri). Pelaksanaan tatap muka digunakan untuk menjelaskan materi dan mengontrol tugas-tugas peserta didik yang telah diberikan sebelum jadwal tatap muka dan asinkronous mandiri digunakan untuk memberikan materi dan evaluasi kepada peserta didik melalui grup whatsapp kelas yang dapat diakses secara mandiri di mana dan kapan saja. Tahap evaluasi dilaksanakan pada akhir pembelajaran melalui google form. Evaluasi melalui google form digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: MEGOWIYATI
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:32
Last Modified: 19 Jan 2022 07:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30573

Actions (login required)

View Item View Item