Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Android Materi SIstem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI SMA

Syafitri, Rauda (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Android Materi SIstem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI SMA. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
1. Cover Rauda.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (791kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
15 BAB VI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Syafitri, R. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Android Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI SMA. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr.rer. nat. Muhaimin, S. Pd., M. Si. II. Dr. Evita Anggereini, M.Si Salah satu dampak akibat pandemi covid-19 adalah keterbatasan interaksi antara guru dan peserta didik yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang maksimal. Pembelajaran yang kurang maksimal tersebut menyebabkan berkurangnya motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Kota Jambi, sebagian peserta didik masih mengalami penurunan motivasi belajar pada materi sistem koordinasi yang dipelajari di kelas XI SMA. Hal ini dikarenakan cakupan materi yang banyak dan bersifat abstrak. Solusi dari masalah ini adalah peneliti mengembangkan multimedia interaktif mobile learning berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif mobile learning berbasis android materi sistem koordinasi untuk siswa kelas XI SMA, mengetahui kelayakan, respon guru dan peserta didik, serta efektivitas terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 92,85% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 83,92% dengan kategori sangat baik. Hasil respon guru biologi diperoleh persentase 91,3% dengan kategori sangat baik, hasil ujicoba untuk pada ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 88,24% dengan kategori sangat baik, dan ujicoba pada kelompok besar diperoleh persentase 86,65% dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji efektivitas menggunakan uji independent t test, diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000<0,005, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang dapat menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif mobile learning berbasis android dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan demikian multimedia interaktif mobile learning berbasis android yang dikembangkan efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci: Android, multimedia interaktif, sistem koordinasi

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syafitri
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:39
Last Modified: 20 Jan 2022 03:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item View Item