Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Kota Jambi

Apriani, Rika (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Rika Apriani (RRA1A117014) FIKS 1.8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI[1].pdf

Download (265kB)
[img] Text
COVERR[1].pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS DI SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 116 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,121 > 1,658 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar (2) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 3,618 > 1,658 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar (3) Terdapat pengaruh bersama-sama kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji F di mana nilai Fhitung 12,997 sedangkan Ftabel 3,08 karena 12,997 > 3,08 sehingga terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari simpulan disarankan guru agar dapat lebih meningkatkan lagi kemampuan dalam mengelola pembelajaran agar dapat menciptakan suasana yang kondusif. Sedangkan disarankan siswa diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia baik dirumah maupun disekolah agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: APRIANI
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:47
Last Modified: 20 Jan 2022 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item