ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS XII SMA DALAM MENGKONTRUKSI KONSEP DIMENSI TIGA

Arafat, Putri and Marzal, Jefri and Huda, Nizlel (2022) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS XII SMA DALAM MENGKONTRUKSI KONSEP DIMENSI TIGA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
_SKRIPSI_FULL_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
A. COVER_SKRIPSI_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf

Download (43kB)
[img] Text
A. HALAMAN PERSETUJUAN_SKRIPSI_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf

Download (397kB)
[img] Text
A. ABSTRAK_SKRIPSI_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I_SKRIPSI_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V_SKRIPSI_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf

Download (48kB)
[img] Text
C. DAFTAR RUJUKAN_SKRIPSI_PUTRI AMALIZ ARAFAT_ RRA1C217007.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Kemampuan Spasial, Kontruksi Konsep, Dimensi Tiga Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terlihatnya kemampuan spasial siswa dalam mengkontruksi konsep pada saat menyelesaikan soal dimensi tiga. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan spasial siswa dalam mengkontruksi konsep dimensi tiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Jambi kelas XII IPA 2. Peneliti mengambil 9 orang siswa sebagai calon subjek penelitian yang diberikan soal tes kemampuan spasial dalam mengkontruksi konsep dengan metode think aloud. Kemudian dikelompokkan menjadi 3 kelompok berdasarkan cara pengerjaannya. Kelompok pertama menuliskan diketahui dan ditanya terlebih dahulu, kelompok kedua langsung menggambarkan kubus dan menuliskan ditanya dan kelompok ketiga langsung menggambarkan kubus tetapi tidak menuliskan yang ditanya. Kemudian dari kelompok-kelompok tersebut dapat dikatakan bahwa jawaban siswa sudah jenuh (sama), sehingga peneliti mengambil 1 orang siswa dari masing-masing kelompok untuk dijadikan subjek penelitian. Instrumen penelitian ini berupa lembar tes kemampuan spasial dalam mengkontruksi konsep dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data,reduksi data, pemaparan data yang kemudian dilakukan analisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, subjek pertama menunjukkan semua indikator kemampuan spasial dalam mengkontruksi konsep. Subjek kedua juga menunjukkan semua indikator kemampuan spasial dalam mengkontruksi konsep hanya saja S-2 lupa untuk menggambarkan panjang lintasan dan keliru dalam menggunakan konsep proyeksi titik ke garis. Sedangkan subjek ketiga tidak dapat menunjukkan kemampuan spatial orientation dengan pengetahuan yang dimiliki, kemampuan spatial relation dengan pengetahuan yang dimiliki dan kemampuan spatial relation dengan mengkaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya dengan pengetahuan yang baru. Hal ini dikarenakan subjek keliru dan kurang terliti dalam menyelesaikan soal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARAFAT
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:36
Last Modified: 20 Jan 2022 07:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30677

Actions (login required)

View Item View Item