PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY, ENGENEERING, AND MATHEMATIC (STEM) UNTUK MENDUKUNG BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MATERI TRANSFORMASI

riyanda, rifqi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY, ENGENEERING, AND MATHEMATIC (STEM) UNTUK MENDUKUNG BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MATERI TRANSFORMASI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Full Skripsi)
BISMILLAH SKRIPSI RIFQI RIYANDA NEW- fix nian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text
CamScanner 01-20-2022 14.17.pdf

Download (423kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (298kB)

Abstract

Riyanda. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Untuk Mendukung Berfikir Kreatif Siswa SMP Materi Transformasi. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd (II) Drs. Sufri, M.Si. Kata Kunci: STEM, LKPD, Berfikir Kreatif Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Berfikir kreatif siswa agar mempermudah memahami suatu konsep dalam matematika, maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk mendukung Berfikir Kreatif siswa SMP materi Geometri Transformasi serta mengetahui kualitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk mendukung kreatifitas siswa SMP materi Transformasi yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.. Penelitian ini menggunakan model 4-D (four-D model) dan penggunaan LKPD serta beberapa angket yang dilakukan di kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kuala Tungkal. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober secara offline (Pembelajaran Tatap Muka). Dengan subjek siswa di kelas IX C SMP N 1 Kuala Tungkal. Hasil penelitian yakni: Untuk kriteria valid, dilihat berdasarkan hasil angket validasi materi dan angket validasi desain. Berdasarkan angket validasi materi, diperoleh tingkat kevalidan LKPD dari segi materi sebesar 72% dengan kriteria “Valid”. Berdasarkan hasil angket validasi desain, diperoleh tingkat kevalidan LKPD dari segi desain sebesar 77,77% dengan kriteria “Valid”. Berdasarkan perolehan tersebut, diperoleh rata-rata sebesar 74,88% dengan kriteria “Valid”.Untuk kriteria praktis, dilihat dari angket respon pendidik dan angket respon peserta didik. Berdasarkanperhitungan tersebut diperoleh rata-rata tingkat kepraktisan sebesar 87,15% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Untuk kriteria efektif, dilihat berdasarkan hasil tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang disesuaikan dengan nilai KKM yang berlaku di SMP N 1 Kuala Tungkal pada mata pelajaran matematika yaitu 70 menunjukkan tingkat keefektifan LKPD sebesar 81,48% dengan kriteria “Sangat Efektif”. Sehingga, dapat dikatakan bahwa LKPD Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk Mendukung Berfikir Kreatif Siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RIYANDA
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:12
Last Modified: 21 Jan 2022 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30723

Actions (login required)

View Item View Item