Oktaviana, Dian and Marzal, Jefri and Huda, Nizlel (2022) Analisis Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI DIAN HANI OKTAVIANA (RSA1C217006) Terbaru.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
1.COVER.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (537kB) |
Abstract
Kata kunci: berpikir reflektif matematis, konstruksi konsep, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir reflektif matematis siswa dalam mengkonstsruksi konsep saat menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis berpikir reflektif matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 8 Kota Jambi. Satu kelas calon subjek terbagi menjadi 3 kelompok, Kelompok pertama yaitu kelompok dengan menyelesaikan permasalahan menggunakan metode eliminasi. Kelompok kedua dengan menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode substitusi. Kelompok ketiga yaitu dengan menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode substitusi, eliminasi dan gabungan. Dari kelompok-kelompok tersebut dapat diketahui bahwa jawaban siswa sudah jenuh (sama), kemudian dari masing-masing kelompok peneliti mengambil 1 siswa untuk dijadikan sebagai subjek penelitian. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ketiga subjek memenuhi indikator reacting dalam mengkonstruksi konsep yaitu dapat menuliskan diketahui dan ditanya serta masih salah dalam membuat simbol atau model matematika dari soal. S1 dan S3 memenuhi indikator comparing dalam mengkonstruksi konsep yaitu dapat menentukan ide, strategi, metode yang pernah dan akan digunakan dalam menyelesaikan persoalan dan dapat menentukan konsep apa saja yang digunakan dalam penyelesaian soal. S2 hanya memenuhi indikator comparing berdasarkan kemampuan untuk memperoleh informasi baru. hal ini dikarenakan S2 hanya bisa menggunakan metode apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal, tetapi tidak mampu menentukan konsep apa saja yang digunakan dalam penyelesaian soal tersebut. S1 dan S2 memenuhi indikator contemplating dalam mengkonstruksi konsep yaitu kemampuan siswa menentukan penyelesaian persoalan, mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya serta membuat kesimpulan. S3 belum memenuhi indikator contemplating, hal ini dikarenakan S3 tidak bisa menyelesaikan soal dan S3 tidak bisa mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | OKTAVIANA |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 07:35 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |