Analisis karakter Nasionalisme Kyai Haji Hasyim Ayari sebagai sumber belajar sejarah Sekolah Menengah Atas

Khoirurroziqin, Khoirurroziqin (2022) Analisis karakter Nasionalisme Kyai Haji Hasyim Ayari sebagai sumber belajar sejarah Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, Pendidikan sejarah.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai karakter Nasionalisme Kyai Hasyim Asyari sebagai sumber belajar sejarah di SMA dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana Nasionalisme tokoh Kyai Hasyim Asyari ; 2) Menjadikan nilai-nilai karakter Nasionalisme Kyai Hasyim Asyari sebagai sumber belajar sejarah siswa di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder dengan teknik analisis data berupa analisis induksi melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Terdapatnya nilai-nilai nasionaisme pada diri KH. Hasyim Asyari saat melawan penjajah; 2) Terdapat tiga nilai-nilai karakter Nasionalisme pada diri Kyai Hasyim Asyari, yaitu: (a)Rela berkorban demi bangsa; (b) Mengutamakan kepentingan umum; (c) cinta tanah air. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penerapan nilai karakter Kyai Haji Hasyim Asyari sebagai sumber belajar sejarah di SMA dilakukan dengan cara: 1) Memasukkan nilai pendidikan karakter ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), disesuaikan dengan pengembangan karakter prioritas di lingkungan sekolah yang dikembangkan melalui pengembangan materi sejarah, disediakan satu kolom untuk nilai karakter yang akan dikembangkan pada RPP, serta memilah mana saja nilai-nilai karakter tokoh sesuai dengan Kompentensi Dasar pada materi yang relevan seperti: 1). Materi Pergerakan Nasional K.D 3.10 Menganalisis persamaan dan perbedaan tentang strategi pergerakan nasional, 2) Materi Proklamasi Kemerdekaan KD 3.7 Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia, 3) Materi Demokrasi Liberal KD 3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal. Selanjutnya, karakter tokoh juga dapat ditanamkan dalam pembelajaran di kelas melalui progam pengembangan diri yang dapat dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan langsung kepada peserta didik seputar tokoh untuk menanamkan karakter nasionalisme. 2) Mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam modul pembelajaran sejarah yang disusun oleh guru berdasarkan pada Kompetensi Dasar materi sejarah yang dikembangkan melalui karakter nasionalisme tokoh KH. Hasyim Asyari sehingga bisa dijadikan sebagai sumber belajar. 3) Mengajak peserta didik berwisata sejarah ke lokasi peninggalan bersejarah yang dekat dengan mereka, yaitu dapat dilakukan dengan cara seperti mengunjungi rumah peninggalan tokoh yang merupakan objek sejarah sehingga peserta didik dapat mengenal sumber￾sumber sejarah yang tersedia di lingkungan terdekatnya. Kata Kunci: Karakter, Nasionalisme Kyai Hasyim Asyari, Sumber Belajar Sejarah

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: KHOIRUROZIQIN
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:40
Last Modified: 07 Mar 2022 07:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item View Item