Annisa, Lia Anggraini (2022) Analisis Peluang Pasar Piring Jambe-e Dengan Menggunakan Metode SWOT Pada Usaha Rumah Jambe-e. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LIA ANGGRAINI ANNISA (J1A216059).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (306kB) |
Abstract
Tanaman pinang (Areca catechu L) adalah tumbuhan palem yang tumbuh di daerah Afrika Timur dan Jazirah Arab hingga ke daerah Asia Tropis dan Indonesia. Di Indonesia, tanaman pinang banyak terdapat di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Salah satu daerah penghasil pinang yang ada di pulau Sumatera adalah Provinsi Jambi. Workshop Rumah Jambe-e yang terletak di Fakultas Teknologi Pertanian Kampus Universitas Jambi Pondok Meja merupakan salah satu usaha yang memproduksi piring yang terbuat dari pelepah pinang. Perusahaan perlu mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan dalam menghadapi persaingan. Hal ini akan sangat membantu dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada sehingga mampu menentukan strategi pemasaran yang baik untuk mengungguli pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peluang pasar dalam mengembangkan Piring Jambe-e, dan untuk mengetahui strategi pemasaran pada usaha Rumah Jambe-e melalui Analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT). Metode pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, observasi lapangan dan studi pustaka. Analisis data untuk mengetahui peluang pasar dan strategi pemasaran Rumah Jambe-e dianalisis dengan menggunakan Analisis SWOT. Berdasarkan penelitian dapat diambil kesimpulan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan oleh Rumah Jambe-e dalam mengembangkan usaha Piring Jambe-e yaitu segmentasi pasar dan konsumen yang jelas, ketersediaan bahan baku yang berkualitas dari pemasok, meningkatnya permintaan konsumen, perubahan peraturan pemerintah terhadap penggunaan kemasan plastik, dan respon positif konsumen terhadap keragaman produk yang ditawarkan. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada usaha Rumah Jambe-e adalah dengan menggunakan strategi SO (Strength-Opportunities). Dimana strategi SO dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki perusahaan guna menangkap dan memanfaatkan peluang pasar yang tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | ANNISA |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |