Frarisia, Tata (2022) DESAIN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED, ORGANIZING, LEAFLET, DISCOVERY (GOLD) DENGAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGU RUANG SISI LENGKUNG. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
12 BAB 1.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
16 BAB 5.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
17 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
TATA FRARISIA A1C218078 SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Frarisia, Tata. 2021. Desain Modul Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Guided, Organizing, Leaflet, Discovery (GOLD) dengan Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Feri Tiona Pasaribu S.Pd., M.Pd. (II) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Model Pembelajaran GOLD, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis model pembelajaran guided, organizing, leaflet, discovery (GOLD) pada materi bangun ruang sisi lengkung, yaitu tabung, kerucut, dan bola di kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi, serta peserta didik kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu modul pembelajaran yang berbasis model pembelajaran GOLD (Guided, Organizing, Leaflet, Discovery) dengan sintak yaitu guided discovery, organizing, dan leaflet. Modul juga berbantuan Augmented Reality yang dapat diaplikasikan menggunakan smartphone. Modul ini fokus pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas IX SMP dengan menyajikan contoh soal dan soal latihan yang kontekstual serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan modul pembelajaran yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas modul pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu: valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan modul dari ahli materi 85,26% (sangat valid) dan dari ahli desain 84,61% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan modul oleh pendidik 81,42% dan oleh peserta didik 88,33%, 3) persentase keefektifan modul dari angket respon peserta didik 84.3% % dan dari ketuntasan tes hasil belajar 85,2%. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran dengan inovasi lain untuk menghasilkan modul pembelajaran yang baik dan menarik, sehingga dapat memotivasi peserta didik dalam belajar matematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FRARISIA |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:23 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |