Puspitaningrum, Anggraeni (2022) DESAIN E-MODUL BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ANGGRAENI PUSPITANINGRUM_A1C218084_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover Anggraeni Puspitaningrum.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
Bab V (2).pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (434kB) |
Abstract
Puspitaningrum, Anggraeni. 2021. Desain E-Modul Berbasis Concept-Rich Instruction Berbantuan Aplikasi Quizizz Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Sufri, M.Si. (II) Feri Tiona Pasaribu S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-modul, Concept-rich Instruction, Quizizz, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendiskrpsikan suatu bahan ajar berupa E-modul berbasis concept-rich instruction berbantuan aplikasi quizizz pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan desain, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang siswa kelas VIII B, seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 orang siswa pada uji coba lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul yang didesain dengan menggunakan aplikasi flipbook maker, isi materi sistem persamaan linear dua variabel pada emodul berbasis tahapan Concept-Rich Instruction yaitu praktek, dekontekstuaslisasi, mengungkapkan generilisasi dengan kata-kata, rekontekstuaslisasi dan realisasi. Emodul yang didesain memuat latihan soal berbantuan aplikasi Quizizz, contoh soal, evaluasi akhir dan kunci jawaban. E-modul yang didesain termasuk dalam kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 81,05% (sangat valid) dan dari aspek desain adalah 84% (sangat valid). Hasil angket kepraktisan oleh guru adalah 84% (sangat praktis) dan kepraktisan oleh siswa adalah 89,29% (sangat praktis). Hasil angket efektifitas emodul oleh siswa atau angket respon siswa adalah 88,1% dan berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa adalah 83,78%. Untuk presentase ketuntasan tes hasil belajar siswa didasarkan pada KKM 73 yang digunakan di sekolah. Peneliti juga menyarankan untuk penelitian pengembangan selanjutnya agar dapat mengembangkan bahan ajar berupa e-modul matematika dengan menggunakan aplikasi yang lain untuk bahan ajar matematika lebih hidup dan menarik dan pada aplikasi quizizz untuk bisa diupgrade dalam bentuk premium
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PUSPITANINGRUM |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:24 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |