Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi

Framadita, Resty (2022) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, Administrasi Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Full Resty Framadita (A1D518075).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan + Pengesahan.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB)

Abstract

Kedisiplinan dalam bekerja tentu menjadi topik yang cukup krusial untuk dibahas. Kedisiplinan kerja diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Khususnya bagi guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Namun, berdasarkan hasil survey singkat, dari 15 orang responden terdapat 3 orang yang menjawab tidak setuju pada pernyataan selalu datang dan pulang tepat waktu, selalu istirahat tepat waktu, dan selalu mematuhi peraturan dan kebijakan yang ada di sekolah. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat kedisiplinan kerja guru terutama melalui kepemimpinan transformasional dan pengawasan oleh kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui seberapa baik tingkat kepemimpinan transformasional oleh kepala sekolah di SMA Negeri 8 Kota Jambi; 2) Untuk mengetahui seberapa baik tingkat pengawasan oleh kepala sekolah di SMA Negeri 8 Kota Jambi; 3) Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat disiplin kerja guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi; 4) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi; 5) Untuk mengetahui pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi; dan 6) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan pengawasan terhadap disiplin kerja guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang termasuk ke dalam metode survey. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 96 orang guru PNS dan honorer. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,613 atau 61,3%. Sedangkan untuk pengaruh masing- masing variabel bebasnya yaitu pengaruh X1 terhadap Y sebesar 42,07% dan pengaruh X2 terhadap Y sebesar 19,25%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan pengawasan baik secara bersama-sama maupun parsial terhadap disiplin kerja guru di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada kepala sekolah untuk dapat selalu menerapkan kepemimpinan transformasional dan pengawasan agar dapat meningkatkan disiplin kerja guru. Begitu juga dengan guru untuk dapat lebih mendukung dengan selalu mematuhi segala aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FRAMADITA
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:40
Last Modified: 27 Jan 2022 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30916

Actions (login required)

View Item View Item