MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII B MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 34 KERINCI TAHUN AJARAN 2021/2022

Monica, Gema (2021) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII B MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 34 KERINCI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI gambar,table,lampiran.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Skripsi_Gema_Monica (A1A317019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

ABSTRAK Monica, Gema. 2021. Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Siswa Kelas VII B Melalui Model Discovery Learning Di SMP Negeri 34 Kerinci. Skripsi. Program Studi PPKn, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si Pembimbing (2) Heri Usmanto, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Keaktifan Belajar Berdasarkan Latarbelakang Masalah data yang diperoleh dalam penelitian di SMP Negeri 34 Kerinci, bahwa terdapat beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya Keaktifan belajar siswa Kelas VII B. Hal ini terlihat dari data lembar observasi Keaktifan belajar siswa pra siklus dengan nilai rata-rata 24,3%. Selain itu ditemukan fakta bahwa pembelajaran lebih terfokus pada guru dan siswa juga cenderung banyak diam pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan model discovery learning pada pelajaran PPKn kelas VII B SMP Negeri 34 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga (3) Siklus dengan sembilan (9) kali pertemuan dengan penelitian model Kemmis & Taggart. Konsep penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat (4) komponen yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 34 Kerinci. Subjek Penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas VII B. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Yang diciptakan oleh Kurt Lewin, Seorang Sosiologi amerika yang bekerja pada proyek-proyek kemasyarakatan. Menurut Ekawarna (2013:5) penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru didalam kelas. Penelitian tindakan adalah rangkaian (action research) yang dilakukan secara siklus dalam rangka pemecahan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan Keaktifan belajar siswa. Keberhasilan ini dapat dibuktikan yaitu setelah menerapkan model tersebut pada siklus I Persentase Keaktifan belajar siswa dengan nilai rata-rata 49% dalam kategori cukup. Pada siklus II Persentase Keaktifan belajar siswa meningkat lagi dengan nilai 58% dalam kategori cukup aktif dan pada siklus III Keaktifan belajar siswa naik secara signifikan dari siklus sebelumnya yaitu dengan nilai rata-rata 69% kategori aktif. Dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan dapat meningkatkan Keaktifan Belajar siswa sehingga model pembelajaran Discovery Learning bisa dilakukan oleh siswa dan setiap guru yang ada di SMP Negeri 34 Kerinci khususnya pada pembelajaran PPKn.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Monica
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:36
Last Modified: 28 Jan 2022 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30944

Actions (login required)

View Item View Item