HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI

SRIYONO, EFRI HUBUNGAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. BIMBINGAN DAN KONSELNG. (In Press)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH efri.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Hubungan Sarana dan Prasarana Pendidikan dengan Prestasi Belajar Siswa Nama Mahasiswa : Efri Sriyono NIM : RRA1E113031 Dosen Pembimbing : 1. Drs. Asradi, M.M 2. Drs. Suparjo Herlambang, S.Pd Kata Kunci: Sarana dan prasarana pendidikan, prestasi belajar Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu penunjang suatu proses belajar mengajar. Seorang siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan adanya dorongan tertentu agar kegiatan belajarnya dapat menghasilkan prestasi belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang maksimal, tentunya perlu diperhatikan berbagai faktor yang membangkitkan para siswa untuk belajar dengan efektif. Hal tersebut dapat ditingkatkan apabila ada sarana penunjang, yaitu faktor sarana dan prasarana pendidikan dan dapat memanfaatkannya dengan tepat dan seoptimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang hubungan sarana dan prasarana pendidikan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi serta besarnya kolerasi tersebut. Sarana dan prasarana pendidikan ini diperoleh berdasarkan angket yantg dibagikan dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Jambi berjumlah 226 orang, sampel berjumlah 79 orang yang diambil dengan menggunakan simple random sampling. Sedangkan data prestasi belajar siswa menggunakan leger nilai pada tahun ajaran 2017/2018. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kolerasi product moment yang digunakan untuk menentukan kolerasi sarana dan prasarana pendidikan dengan prestasi belajar. Tehnik pengolahaan data mengguanakan program SPSS 19. Hasil penelitian diketahui bahwa gambaran sarana dan prasarana pendidikan yang berjumlah 79 responden didapat skor tertinggi 32 dan skor terendah 22. Dari hasil prestasi belajar siswa tahun ajaran 2017/2018 didapatkan skor tertinggi dengan rata-rata 84,92 dan skor terendah dengan rata-rata 72,24. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negri 10 Kota Jambi memiliki kolerasi 0,096 yang berarti kolerasinya sedang hubungan memadai serta berpola positif. Hal ini berarti bahwa semakin baik sarana dan prasarana pendidikan maka prestasi belajar siswa juga akan tinggi pula, begitu sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan kepada Kepala sekolah dan komite sekolah untuk terus menjalin kinerja yang harmonis agar dapat mengembangkan proses pemberdayaan sekolah dalam upaya mencapai sasaran mutu yang telah diprogramkan. Jalinan kinerja ini harus meliputi berbagai aspek, terutama dalam menunjang proses pendidikan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EFRI SRIYONO
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:28
Last Modified: 01 Feb 2018 08:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item View Item