PRATIKASARI, MELIN UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI PENERAPAN TEKHNIK BRAINSTORMING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. BIMBINGAN DAN KONSELING. (In Press)
![]() |
Text
ARTIKEL MELIN.pdf Download (705kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Penerapan Tekhnik Brainstorming dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 8 Kota Jambi Nama : Melin Pratikasari NIM : A1E113303 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd 2. Drs. Asradi, MM Kemampuan mengemukakan pendapat merupakan cara siswa untuk mengekspresikan ide, mengungkapkan dirinya, dan mencapai tujuannya secara jujur dan terbuka. Kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa perlu dikembangkan dengan baik karena kemampuan tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Layanan bimbingan kelompok merupakan proses bantuan yang diberikan oleh guru pembimbing kepada siswa yang memiliki masalah melalui dinamika kelompok. Layanan bimbingan kelompok sendiri dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini didasari dengan banyaknya fenomena siswa yang masih ragu, takut atau bahkan malas untuk mengemukakan pendapatnya pada saat proses belajar. Selain itu, penelitian ini juga didasari oleh salah satu tujuan pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu mampu mengeluarkan pendapat, ide, saran, tanggapan, perasaaan dan lain sebagainya. Tekhnik yang digunakan dalam layanan ini adalah tekhnik brainstorming atau yang biasa disebut tekhnik curah pendapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat rendah yaitu 11 orang siswa yang diambil berdasarkan rekomendasi guru pembimbing dan wali kelas, leger nilai dan angket Pre-Test sebelum pelaksanaan layanan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Lembar observasi yang digunakan untuk menilai proses tindakan berjumlah 19 pernyataan dan angket yang digunakan untuk menilai hasil tindakan berjumlah 34 pernyataan dengan dua pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Hasil penelitian diperoleh presentase kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebelum pelaksanaan layanan adalah 46.52% dengan tingkatan sedang, kemudian meningkat sebesar 13.88% menjadi 60.4% dengan tingkatan tinggi pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17.67% menjadi 78.07% berada pada tingkatan tinggi. Implikasi dengan BK dalam penelitian ini adalah guru pembimbing dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan tambahan untuk melaksanakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MELIN PRATIKASARI |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 08:28 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 08:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |