febrianti, Dian (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TBSM DI SMK NEGERI 4 KERINCI PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY. S1 thesis, Pend. PPKn.
![]() |
Text
SKRIPSI DIAN FEBRIANTI-dikonversi-dikompresi (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover-dikonversi.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN-dikonversi.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (16kB) |
Abstract
Febrianti, Dian. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TBSM di SMK Negeri 4 Kerinci Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry: Skripsi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. M. Salam, M.Si, (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Hasil belajar siswa dan model pembelajaran inquiry Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas XI TBSM di SMK Negeri 4 Kerinci yang diperoleh sekitar 46% siswa yang mencapai KKM. Kemudian guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa untuk tertarik dalam belajar, baik dalam proses pembelajaran secara tatap muka maupun pembelajaran secara daring yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa cenderung monoton, pengetahuan siswa hanya terbatas pada apa yang diperoleh dari guru, siswa kesulitan dalam mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran dan siswa tidak berani dalam mengemukakan ide, gagasan atau pendapatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TBSM pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 4 Kerinci. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilakukan oleh guru didalam kelas. Prosedur penelitian ini didesain untuk 3 siklus, dimana tiap-tiap siklus dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali tatap muka. Rancangan tindakan pada masing-masing siklus dalam penelitian tindakan kelas ini dibagi dalam 4 (empat) tahap yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap implementasi tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen ukur berupa tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran guru. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa hasil peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dalam penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai persentase hasil belajar siswa sebesar 50%. Kemudian dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus II dimana rata-rata nilai persentase hasil belajar siswa menjadi 54% yang berarti mengalami peningkatan tetapi belum mencapai KKM, Selanjutnya dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus III dimana nilai rata-rata persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 61%. Angka tersebut telah menunjukkan bahwa rata-rata nilai persentase hasil belajar siswa telah mencapai kriteria KKM yaitu 75. Kemudian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry di SMK Negeri 4 Kerinci dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TBSM pada mata pelajaran PPKn.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Febrianti |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 01:59 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 01:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |