MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN

DISPRA NENGGALA, ANDANG MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN. MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 111/1 MUARA BULIAN. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (312kB)

Abstract

Nenggala, Andang Dispra. 2018. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si., Pembimbing (II) Panut Setiono, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Minat Belajar, Pelajaran IPS, Model NHT Dalam proses belajar mengajar sering dijumpai adanya siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan kurangnya minat siswa untuk mengajukan pertanyaan kepada guru sehubungan dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung. Agar minat belajar siswa dapat tumbuh dan berkembang secara baik, guru perlu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran, salah satu alternatif guru untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model NHT. Diharapkan dengan menerapkan model NHT dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) melalui perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, yang membahas tentang Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model NHT (Numbered Head Together) pada siswa kelas III SD Negeri 111/1 Muara Bulian. Dengan langkah-langkah model NHT, yaitu (1) Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor yang dipasang dikepala, (2) Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannnya, (3) Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya, (4) Guru memanggil salah satu nomor siswa secara acak dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka, (5) Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, (6) Kesimpulan hasil pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan . pada setiap pertemuan akan dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan siklus I pertemuan 1 sebesar 40,52%, pertemuan II sebesar 47,57% dan meningkat pada siklus II pertemuan 1 sebesar 55,63% pertemuan ke II sebesar 75,57% mengalami peningkatan pada kategori minat. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu penggunaan model NHT dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui dua siklus untuk mencapai kriteria keberhasilan dengan kategori “minat” dimana hasil rata-rata persentase yang diperoleh pada siklus II yaitu sebesar 65,60%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ANDANG DISPRA NENGGALA
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:28
Last Modified: 01 Feb 2018 08:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item