SARI TRIYUNI, NOVA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A SD NEGERI 34/I TERATAI. MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV A SD NEGERI 34/I TERATAI. (Submitted)
Text
ARTIKEL_ ILMIAH_A1D113042.pdf Download (218kB) |
Abstract
ABSTRAK Triyuni, NS. 2017 “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Muatan Pelajaran Matematika di Kelas IV A SD Negeri 34/I Teratai”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Arsil, M. Pd dan (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah dan Model Problem Based Learning. Pembelajaran matematika menitik beratkan siswa untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya. Salah satunya adalah kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah. Siswa yang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah akan lebih mudah dalam mengatasi masalah-masalah yang diperkirakan akan dihadapi siswa di masa yang akan datang. Berdasarkan observasi di kelas IV A SD Negeri 34/I Teratai, bahwa pembelajaran yang dilakukan khususnya pembelajaran Matematika masih banyak siswa belum dapat memahami masalah, siswa tidak bisa merencanakan cara penyelesaian masalah, siswa tidak dapat menyelesaikan masalah, dan tidak bisa menjelaskan hasil yang diperolehnya sesuai masalah yang ada serta penggunaan model pembelajaran yang sudah sering digunakan menyebabkan siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada muatan pelajaran Matematika di kelas IV A SD Negeri 34/I Teratai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus sampai dengan 31 Agustus Tahu Ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memilik dampak positif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang mana indikatornya yaitu: (1) mengidentifikasi masalah, (2) merencanakan penyelesaian masalah, (3) penyelesaian masalah, dan (4) menginterprestasikan hasil. Peningkatan persentase pada siklus I pertemuan pertama persentase yang didapat 50% meningkat di pertemuan kedua menjadi 62,41%, pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan persentase yaitu 74,11% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 83,9%. Dengan adanya peningkatan pada setiap pertemuan sehingga dapat mencapai kriteria keberhasilan 75%. Maka proses peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model Problem Based Learning dinyatakan telah berhasil. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada muatan pelajaran Matematika di kelas IV A SD Negeri 34/I Teratai.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | NOVA SARI TRIYUNI |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 09:35 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 09:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3110 |
Actions (login required)
View Item |