Astria Nadinta, Maya (2022) PENERAPAN METODE MENDONGENG BERBANTU BONEKA TANGAN MELALUI APLIKASI ZOOM MEETING. S1 thesis, PGSD.
![]() |
Text
AKRIPSI MAYA ASTRIA NADINTA REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Nadinta. Maya Astria, 2021. Penerapan Metode Mendongeng Berbantu Boneka Tangan Melalui Aplikasi Zoom Meeting: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp.Eng (II) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag Kata Kunci : Metode Mendongeng, Boneka Tangan, Zoom Meeting Mendongeng merupakan kegiatan yang dilakukan di hadapan orang lain dengan alat atau tanpa alat mengenai apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan metode mendongeng berbantu boneka tangan melalui aplikasi zoom meeting, yaitu berupa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 131/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi tehnik yaitu penggunaan beragam tehnik pengungkapan data yang dilakukan kepada sumber data untuk mengecek dan menguji data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode mendongeng berbantu boneka tangan melalui aplikasi Zoom Meeting terdapat dua temuan yaitu perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran menggunakan metode mendongeng berbantu boneka tangan melalui aplikasi Zoom Meeting yaitu, menentukan Tema, sub tema dan kompetensi dasar. Serta keterampilan mendongeng dan rancangan kegiatan yang disesuaikan dengan situasi pandemi saat ini. Pelaksanaan pembelajaran yaitu pada pembelajaran 1, 2 dan 5 didapatkan hasil pembelajaran yang begitu bermakna bagi siswa dan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. temuan wawancara juga memperkuat hasil observasi, yang menunjukan bahwa guru kelas V A memiliki keterampilan mendongeng berbantu boneka tangan didalam pembelajaran online.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nadinta |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 02:34 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |