KAJIAN NILAI PENDIDIKAN DALAM TRADISI “PELARIAN” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Tiara, Alma (2022) KAJIAN NILAI PENDIDIKAN DALAM TRADISI “PELARIAN” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
full pages skripsi alma .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Tiara, Alma. 2022. Kajian Nilai Pendidikan dalam Tradisi “Pelarian” sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA: Skripsi, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Hary Soedarto Harjono, M. Pd., (II) Dr. Rustam, S. Pd., M. Hum. Kata kunci: Bahan Ajar, Nilai Pendidikan, Tradisi “Pelarian” Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat etnografi yang bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam tradisi “Pelarian” dikawasan Danau Sipin terhadap tradisi “Pelarian”, dan memanfaatkan hasil penelitian sebagai bahan ajar alternatif materi kesusastraan Bahasa Indonesia di SMA. Sumber data penelitian yaitu observasi dan wawancara mendalam kepada partisipan yang dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling, Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data Model Spradley dan terakhir uji validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Pelarian” adalah istilah untuk asas timbal balik tolong menolong masyarakat dikawasan Danau Sipin, dalam berladang. Saat ini, tradisi “Pelarian” masih berlangsung dalam bentuk kegiatan yang lebih bervariasi. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai-nilai baik dalam tradisi “Pelarian” juga sangat melekat dalam masyarakat diantaranya ada tiga, pertama mengandung nilai Pendidikan religius yang terdiri dari dimensi silaturahmi dan pujian syukur. Kedua, nilai moral yang terdiri dari dimensi semangat persatuan, percaya diri, kesungguhan, tanggungjawab, keindahan, adil, ekonomis, dan cermat. Ketiga, nilai Pendidikan sosial yang terdiri dari dimensi empati, kedermawanan, solidaritas, gotong royong, dan musyawarah. Nilai-nilai yang dimaksud ialah nilai pendidikan yang dijadikan alternatif bahan ajar materi kesusastraan di SMA

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Tiara
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:00
Last Modified: 09 Feb 2022 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item View Item