One, Fasela (2022) Analisis pelaksanaan pembelajaran sejarah pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
sidang FASELA fix 30 2-dikonversi-dikompresi-1-119 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
abstrak .pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
bab I 1.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (8kB) |
Abstract
One, Fasela. 2021.Analisis Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 11 Muaro Jambi Selama Pandemi Covid-19. . Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr.Drs. Firman, M.Si Pembimbing (2) Apdelmi., S.Pd., M.Pd KataKunci:Aalisis, Pembelajaran Sejarah Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada rendahnya kedisiplinan belajar siswa di sekolah, Masalah yang dimaksud yaitu siswa tidak disiplin mengikuti pembelajaran sejarah baik itu daring maupun offline, siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa tidak masuk sekolah pada saat pembelajaran offline, siswa tidak mengumpulkan tugas pada saat belajar daring maupun luring, dan siswa tidak mengikuti ujian pada saat mid. Tujuan penelitian kualitatif ini adalah untuk mengetahui pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di sekolah SMAN 11 Muaro Jambi terutama pada kelas XI IPS. Penelitian ini termasuk penelitian murni, yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Konsep penelitian ini terdiri dari tiga komponen yaitu:pengumpulan data, pengolahan data dengan menguji validitas data,dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Teknik data yang diambil adalah analisis deskriptif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pembelajaran sejarah yang berlaku di sekolah tersebut yaitu secara daring dan lurring selama pandemi covid-19, serta pembelajaran sejarah yang ditemukan seperti meningkatnya rasa malas anak dalam mengerjakan tugas, rendahnya minat belajar siswa berdasarkan hasil wawancara, serta metode pembelajaran yang digunakan guru sangat monoton dan membosankan bagi siswa. Kesimpulan dalam Penelitian ini yaitu pembelajaran sejarah di sekolah tersebut belum terlaksana dengan baik.pada penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan penelitian kualitatif ini peneliti mengetahui proses pembelajaran sejarah dari sekolah daring hingga sekolah luring atau tatap muka, denan metode kontekstual.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | ONE |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 02:31 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 02:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |