Dhiya Ma'rufah, Natasyalika (2021) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP N 24 Kota Jambi Kelas VII A Pada Materi Aritmetika Sosial Ditinjau dari Self-Efficacy. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (28kB) |
Abstract
ABSTRAK Ma’rufah, N. D. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP N 24 Kota Jambi Kelas VII A Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Self-Efficacy. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Kamid, M. Si. (2) Dra. Sofnidar, M. Si. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Efficacy, Aritmatika Sosial Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah berdasarkan standar proses pembelajaran matematika dan tujuan pembelajaran matematika kurikulum 2013 bahwa pentingnya kemampuan koneksi matematis dan kepercayaan diri bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dari penelitian sebelumnya juga belum ada yang menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi aritmatika sosial ditinjau dari self-efficacy dan hasil wawancara pada guru dalam mengerjakan soal aritmatika sosial, beberapa siswa masih kesulitan menyelesaikannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Kota Jambi, dengan subjek sebanyak 6 orang siswa kelas VII A. Dalam penelitian ini, siswa diberikan kuesioner self-efficacy dan soal tes kemampuan koneksi matematis siswa materi Aritmatika Sosial. Kesimpulan penelitian ini bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah memiliki kemampuan koneksi matematis yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian ini siswa dengan self-efficacy tinggi yaitu S-11 dari ketiga indikator kemampuan koneksi matematisnya hanya satu indikator yang tidak terpenuhi yaitu menghubungkan antar topik. Siswa dengan self-efficacy tinggi yaitu S-20 semua indikator kemampuan koneksi matematisnya terpenuhi karena siswa menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui dan ditanya dari soal serta langkah penyelesainnya sudah tepat. Siswa dengan kategori self-efficacy Sedang yaitu S-6 semua indikator kemampuan koneksi matematisnya tidak terpenuhi karena siswa tidak menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui dan ditanya dari soal serta langkah penyelesainnya tidak tepat. Siswa dengan self-efficacy sedang yaitu S-15 dari ketiga indikator kemampuan koneksi matematisnya hanya satu indikator yang terpenuhi yaitu menghubungkan matematika dalam bidang studi lainnya karena siswa siswa menuliskan langkah penyelesainnya sudah tepat namun belum lengkap menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya dari soal. Siswa dengan kategori self-efficacy rendah yaitu S-4 dan S-13 semua indikator kemampuan koneksi matematisnya tidak terpenuhi karena siswa tidak menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui dan ditanya dari soal serta langkah penyelesainnya tidak tepat untuk ketiga indikator kemampuan koneksi matematisnya. Sehingga terpenuhi atau tidaknya indikator kemampuan koneksi matematis siswa dipengaruhi oleh self-efficacy siswa itu sendiri karena dengan self-efficacy yang tinggi siswa akan berusaha dengan baik dalam menghadapi kesulitan dan tidak mudah menyerah dalam pembelajaran matematika sehingga kemampuan koneksi matematisnya pada materi aritmatika sosial juga tinggi atau baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MA`RUFAH |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:03 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |