Vitriani, Vivit Novita (2022) Peran Orang Tua Dalam Mendisiplinkan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI VIVIT NOVITA VITRIANI (A1D118156).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan..pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Bab V..pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (119kB) |
Abstract
ABSTRAK Vitriani, Vivit Novita. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mendisiplinkan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Eko Kuntarto, M.Pd., M. Comp. Eng., (2) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Mendisiplinkan Belajar , Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendisiplinkan belajar anak pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini akan mendeskripsikan apa saja peran orang tua dalam mendisiplinkan anak di rumah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di rumah siswa SD N 76/IX Mendalo Darat pada bulan November s.d Desember 2021. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang peran orang tua dalam mendisiplinkan belajar anak pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua sangat berpengaruh untuk kedisiplinan belajar anak. Dalam penelitian ini menemukan menemukan bahwa peran orang tua dalam mendisiplinkan anak belajar pada masa pademi adalah sebagai berikut. Pertama, orang tua sebagai pendidik berperan untuk menjadwalkan dan mengingatkan waktu belajar saat di rumah. Kedua, orang tua sebagai pendorong atau motivator yaitu orang tua yang memberikan motivasi kepada anak agar anak memiliki rasa keinginan belahar yang tinggi. Ketiga, orang tua sebagai panutan yaitu orang tua yang selalu mengajarkan kejujuran serta mengajarkan hal-hal yang positif sehinggan menumbuhkan rasa keinginan belajar kepada anak. Keempat, orang tua sebagai teman yaitu orang tua yang menjadi tempat bercerita anal, teman bermain dan tempat meminta bantuan ketika kesulitan dalam hal belajar. Kelima, orang tua sebagai pengawas yaitu orang tua yang selalu memperhatikan dan menemani anak saat belajar di rumah, tujuan ini agar anak dapat terarah saat belajar dan dapat meningkatkan kedisiplinan belajar saat di rumah. Terakhir yaitu orang tua sebagain konselor yaitu orang tua yang memberikan memberikan pengarahan kepada anak, membantun menyelesaikan masalah yang di hadapi oleh anak serta memberikan perhatian agar anak merasa nyaman saat berada di dekat orang tua.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | VITRIANI |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:13 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |