PROBLEMATIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI ELEKTRONIK YANG TERHUBUNG DENGAN AKUN PEMBELAJARAN PADA MATERI BERDEBAT SECARA SANTUN DI KELAS X SMAN 4 KOTA JAMBI

Kusumawati, Nira (2022) PROBLEMATIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI ELEKTRONIK YANG TERHUBUNG DENGAN AKUN PEMBELAJARAN PADA MATERI BERDEBAT SECARA SANTUN DI KELAS X SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PROBLEMATIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI ELEKTRONIK YANG TERHUBUNG DENGAN AKUN PEMBELAJARAN PADA MATERI BERDEBAT SECARA SANTUN DI KELAS X SMAN 4 KOTA JAMBI)
SKRIPSI NIRA KUSUMAWATI A1B118045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (905kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci problematik yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring berbasis aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran pada materi berdebat secara santun di kelas X SMA negeri 4 Kota Jambi, serta untuk mendeskripsikan solusi praktis dalam mengatasi problematik yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring berbasis aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran pada materi berdebat secara santun di kelas X SMA negeri 4 Kota Jambi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus, di mana yang menjadi fenomena kasus dalam penelitian ini adalah hambatan atau problematik yang dialami oleh guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring berbasis aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran pada materi berdebat secara santun di kelas X SMA negeri 4 Kota Jambi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode ini digunakan karena peneliti dalam mengumpulkan data bersifat emic, yaitu berdasarkan pandangan sumber data bukan pandangan peneliti. Tempat alamiah dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga problematik yang dialami guru bahasa Indonesia. Pertama, kesulitan dalam pengoperasian akun pembelajaran. Kedua, terbatasnya penguasaan penggunaan aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran. Ketiga, tidak maksimalnya penyampaian materi berdebat secara santun serta tidak maksimalnya komunikasi dengan peserta didik (disebabkan oleh akun pembelajaran mengalami gangguan, dan terkendalanya jaringan internet peserta didik). Solusi praktis bagi guru dalam menghadapi problematik dalam pengoperasian akun pembelajaran, dan terbatasnya penguasaan penggunaan aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran adalah dengan pihak sekolah mengadakan pelatihan kepada para guru terkait penggunaan aplikasi elektronik, serta mendatangkan seorang ahli dalam bidang teknologi untuk membantu para guru dan guru juga berupaya mencari solusinya dengan jalan bertanya kepada teman yang lebih paham serta mengikuti webinar. Solusi untuk tidak maksimalnya penyampaian materi serta komunikasi dengan peserta didik, yaitu dengan membuat video pembelajaran yang menarik serta guru menggunakan alternatif aplikasi lain yang sedang tidak mengalami gangguan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problematik Guru, Pembelajaran Daring, Akun Pembelajaran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Kusumawati
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:37
Last Modified: 17 Feb 2022 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31240

Actions (login required)

View Item View Item