Kusumawati, Nira (2022) PROBLEMATIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI ELEKTRONIK YANG TERHUBUNG DENGAN AKUN PEMBELAJARAN PADA MATERI BERDEBAT SECARA SANTUN DI KELAS X SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PROBLEMATIK GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS APLIKASI ELEKTRONIK YANG TERHUBUNG DENGAN AKUN PEMBELAJARAN PADA MATERI BERDEBAT SECARA SANTUN DI KELAS X SMAN 4 KOTA JAMBI)
SKRIPSI NIRA KUSUMAWATI A1B118045.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (905kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci problematik yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring berbasis aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran pada materi berdebat secara santun di kelas X SMA negeri 4 Kota Jambi, serta untuk mendeskripsikan solusi praktis dalam mengatasi problematik yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring berbasis aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran pada materi berdebat secara santun di kelas X SMA negeri 4 Kota Jambi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus, di mana yang menjadi fenomena kasus dalam penelitian ini adalah hambatan atau problematik yang dialami oleh guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pembelajaran daring berbasis aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran pada materi berdebat secara santun di kelas X SMA negeri 4 Kota Jambi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode ini digunakan karena peneliti dalam mengumpulkan data bersifat emic, yaitu berdasarkan pandangan sumber data bukan pandangan peneliti. Tempat alamiah dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga problematik yang dialami guru bahasa Indonesia. Pertama, kesulitan dalam pengoperasian akun pembelajaran. Kedua, terbatasnya penguasaan penggunaan aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran. Ketiga, tidak maksimalnya penyampaian materi berdebat secara santun serta tidak maksimalnya komunikasi dengan peserta didik (disebabkan oleh akun pembelajaran mengalami gangguan, dan terkendalanya jaringan internet peserta didik). Solusi praktis bagi guru dalam menghadapi problematik dalam pengoperasian akun pembelajaran, dan terbatasnya penguasaan penggunaan aplikasi elektronik yang terhubung dengan akun pembelajaran adalah dengan pihak sekolah mengadakan pelatihan kepada para guru terkait penggunaan aplikasi elektronik, serta mendatangkan seorang ahli dalam bidang teknologi untuk membantu para guru dan guru juga berupaya mencari solusinya dengan jalan bertanya kepada teman yang lebih paham serta mengikuti webinar. Solusi untuk tidak maksimalnya penyampaian materi serta komunikasi dengan peserta didik, yaitu dengan membuat video pembelajaran yang menarik serta guru menggunakan alternatif aplikasi lain yang sedang tidak mengalami gangguan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematik Guru, Pembelajaran Daring, Akun Pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Kusumawati |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 07:37 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |