Fitriani, Fitriani and Khairinal, Khairinal and Syuhada,S.Pd,. M.E, Dr. Siti (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Kota Jambi. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriani. 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Kota Jambi. Program Pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA. M.Si, (II) Dr. Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Jiwa Kewirausahaan, Minat Berwirausaha Di provinsi Jambi pada tahun 2020 Pengangguran yang berasal dari tamatan sekolah menengah kejuruan juga menjadi tingkat pengangguran terbuka yang tertinggi dibandingkan dengan lulusan lainnya, dan ditahun 2021 menempati urutan kedua dibandingkan tamatan diploma. Untuk Mengatasi pengangguran, mendirikan usaha merupakan alternatif pilihan yang tepat. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh factor dari dalam dan factor dari luar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung secara signifikan lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, dan jiwa kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, serta untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung lingkungan keluarga melalui jiwa kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, dan pengaruh tidak langsung pendidikan kewirausahaan melalui jiwa kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan, jumlah sampel 254 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dan dianalisis dengan analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) serta analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1).Terdapat pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap jiwa kewirausahaan sebesar sebesar 0,306, 2).Terdapat pengaruh langsung pendidikan kewirausahaan terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 0,131, 3).Terdapat pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha sebesar 0,546, 4).Terdapat pengaruh langsung pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan koofesien sebesar 0,299, 5).Terdapat pengaruh langsung jiwa kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 0,468, 6).Terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha melalui jiwa kewirausahaan sebesar 0,2555528, 7).Terdapat pengaruh tidak langsung pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui jiwa kewirausahaan sebesar 0,139932. 8).Terdapat pengaruh pengaruh silmutan terhadap minat berwirausaha sebesar 58,910 dan (R2) sebesar 41,4%. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan kepada siswa hendaknya dari sejak dini berlatih dan menyiapkan diri untuk menjadi wirausaha yang mandiri dimasa yang akan datang, sebagai seorang siswa yang telah mendapatkan pendidikan kewirausahaan baik secara dasar dari lingkungan keluarga, maupun dari pendidikan kewirausahaan yang diperoleh dijenjang pendidikan formal hendaknya mampu membangun jiwa kewirausahaan dan menumbuhkan minat berwirausaha sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan, Jiwa Kewirausahaan, Minat Berwirausaha |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | FITRIANI |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 03:09 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |